Tambah 6 Pasien, Kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka Terus Naik

Ibnuwasisto
Tambah 6 Pasien, Kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka Terus Naik
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH. (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka sampai hari ini masih saja mengalami kenaikan. Saat menggelar konferensi pers di Posko Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka, Jum'at (12/6/2020), Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan (GTPP) Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH menyampaikan adanya penambahan pasien Covid-19 sebanyak 6 kasus.

6 kasus Covid-19 hari ini berasal dari Kecamatan Belinyu sebanyak 4 orang dengan inisial SP (32), NM (41), BP (39) dan MN (38). Dari Kecamatan Pemali inisial EY (28) dan Kecamatan Sungailiat dengan inisial E (56). Pasien tersebut masuk dalam cluster Kapal Keruk dan yang pernah kontak dengan paramedis yang sebelumnya.

Sedangkan upaya yang dilakukan oleh tim gugus Covid-19 Kabupaten Bangka kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dan PT. Timah Tbk melakukan rapid test terhadap orang yang pernah kontak dengan orang yang sudah dinyatakan positif Covid-19. Baik bagi orang yang pernak kontak primer maupun sekunder.

"Dan hari ini dari BPBD Kabupaten Bangka melakukan penyemprotan cairan disinfektan ditempat tinggal pasien Covid-19 dengan radius 100 meter. Kemudian melakukan tracking kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien. Selanjutnya Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka bersama dengan pihak RSUD Depati Bahrain Sungailiat melakukan pemeriksaan swab sebanyak 42 orang," terangnya.

Pihaknya mengharapkan dengan dilakukannya pemeriksaan swab dan Rapid test secara masif dapat mengetahui dengan segera kondisi orang tersebut. Jika ditemukan hasil ya yang positif makan dapat dengan segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Mudah-mudahan dengan adanya pemeriksaan swab dan rapid test secara masif yang terlaksana atas kerjasama dengan PT. Timah dapat dengan cepat memutuskan mata rantai penyebaran virus corona, dan dapat segera kembali ke dalam zona hijau.

Saat ini data pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bangka ada sebanyak 52 kasus, dan yang 10 orang dinyatakan sembuh. 4 orang yang dinyatakan sembuh hari ini berinisial GS warga Sempan, IS, S dan S.

"Sampai hari ini Kabupaten Bangka telah melakukan pemeriksaan swab sebanyak 523 dan besok kita masih terus melakukan tindakan pemeriksaan swab, sehingga penuntasan untuk Pandemi Covid-19 ini bisa dilakukan dengan cepat," tegasnya.

Kemudian ia mengharapkan kepada masyarakat agar selalu untuk menggunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir dan selalu menjaga jarak.

"Untuk para pendatang yang masuk ke Kabupaten Bangka untuk melaporkan indetitasnya ke RT ataupun kepetugas surveylan puskesmas, yang mana dengan adanya laporan itu akan dilakukan pemantauan selam 14 hari oleh petugas. Jadi bagi masyarakat yang diminta untuk melakukan isolasi mandiri akan deberikan bantuan berupa kebutuhan pokok sehari hari," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review