Tambang Ilegal Kian Bandel, Satpol PP Bangka Tengah Gelar Razia

Irwan
Tambang Ilegal Kian Bandel, Satpol PP Bangka Tengah Gelar Razia

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali melaksanakan operasi penertiban tambang rakyat ilegal yang ada di wilayah Kecamatan Koba, Rabu (31/8/2022).

Sekretaris Satpol PP Bateng, Wawan Kurniawan Nurdin seizin Kepala Satpol PP Bateng, Irwan,  mengatakan operasi penertiban ini selain melaksanakan penegakan Peraturan Daerah (Perda), juga untuk menindaklanjuti laporan masyarakat baik yang disampaikan langsung maupun melalui mitra kerja pemerintah yakni media.

“Untuk sasaran atau target operasi adalah pelaku penambangan yang telah diberikan pemberitahuan, peringatan, dan penindakan, akan tetapi masih juga mengulangi perbuatan penambangan ilegal di lokasi yang dilaporkan,” ujar Wawan.

Dikatakan Wawan, terkait dengan tanggapan ataupun masukan dari masyarakat terhadap bentuk penindakan oleh Satpol PP Bateng secara langsung di lapangan, pihaknya mengatkan hal ini merupakan upaya pencegahan terhadap dampak yang lebih buruk kedepannya.

“Sebagai konsekuensi, kami harus lebih tegas lagi dalam penindakan. Jika mereka patuh dengan imbauan, kami pun tidak akan melarang mereka bekerja untuk menghidupi keluarganya. Dalam kegiatan penertiban ini kami selaku Satpol PP juga bekerja dengan meneruskan imbauan dari Bupati agar aktivitas yang ilegal harus diurus sesuai ketentuan yang berlaku agar menjadi legal,” jelasnya.

Menurut Wawan, Pihak Satpol PP Bateng juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dan mitra kerja yang telah memberikan informasi.

"Terima kasih kepada masyarakat dan mitra kerja atas masukan, kritik, dan saran kepada Satpol PP Bateng agar dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya dan menegakkan Perda sebaik-baiknya," tutupnya. (BBR)


Laporan: Aqbal