Tangkap Pelaku Kecurangan Distribusi Gas Melon, Jika Ada Yang Berani?

Ahada
Tangkap Pelaku Kecurangan Distribusi Gas Melon, Jika Ada Yang Berani?
Antrian warga beli Gas 3 kg bersubsidi. (Ilustrasi/ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Kelangkaan gas yang meresahkan masyarakat Pangkalpinang harus segera ditemukan solusinya.

Untuk itu Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Pangkalpinang Rio setiady mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Disperindakop yakni Kepala Dinas Disperindag Agus Pendi untuk memantau dan mengumpulkan data apa yang sebenarnya terjadi di lapangan.

" Saya kira permasalahan seperti ini sudah sangat sering terjadi dan memberatkan masyarakat," katanya.

Apalagi Ia menuturkan, berdasarkan informasi yang diperoleh sampai saat ini untuk Kota Pangkalpinang tidak ada penurunan kuota tabung gas elpiji 3 kg, maka jika terjadi kelangkaan tentu ada penyebab satu dan lain hal. Inilah yang perlu diselidiki dinas terkait.

"Kami minta untuk dinas terkait mencari tahu dimana titik permasalahannya. Apakah ada spekulan atau ada oknum yang bermain-main dengan distribusi gas 3 kg ini. Jika sudah ada yang dengan sengaja melakukan aktivitas yang mengganggu distribusi untuk keuntungan pribadi, saya kira sudah masuk ke dalam ranah pidana. Dan kewajiban dinas terkait menggandeng aparat kepolisian untuk menindak kelakuan oknum pedagang seperti ini," ujarnya kepada Babelreview.

Untuk menemukan solusi yang tepat, Rio menuturkan pihaknya akan membawa masalah ini ke dalam rapat internal Komisi II DPRD Kota Pangkalpinang. Dan bila perlu, kata Rio, pihaknya akan memanggil Pertamina.

"Sebagai keseriusan kami juga. Jika perlu kami akan memanggil pihak Pertamina selaku penyalur gas elpiji 3 kg dan dari sana akan ketahuan berapa kuota untuk Pangkalpinang dan siapa saja distributor ataupun agen yang menyalurkan gas elpiji 3 kg ini," tuturnya.

Menurutnya, masalah ini perlu segera dicarikan solusinya, karena seperti yang diketahui akibat dari kelangkaan ini yang paling dirugikan adalah masyarakat di bawah.

Mereka yang masuk kategori menengah ke bawah terutama para pelaku usaha yang menggantungkan hidupnya dari gas elpiji 3 kg, paling besar kena dampak dari persoalan ini.

"Tentu kita ingin agar masalah ini tidak terulang kembali, maka kami targetkan 1 bulan ini dapat ketemu titik permasalahannya. Jika ada oknum yang mengambil keuntungan dari kelangkaan gas 3 kg, kami akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Karena perbuatan ini tidak boleh ditoleransi lagi, sudah sering terjadi dan sangat membebani masyarakat," pungkasnya. (BBR)

Laporan: Diko S