Targetkan Bisa Ekspor, Owner KribiQu Jadi Mitra Binaan PT Timah

Kasmirudin
Targetkan Bisa Ekspor, Owner KribiQu Jadi Mitra Binaan PT Timah
Kribiqu, salah satu produk UMKM dengan bahan baku dari udang kering. (ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan kekayaan berbagai hasil lautnya. Salah satunya ialah udang. Seafood jenis udang ini tidak hanya dikonsumsi sebagai lauk pauk saja, namun juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan mulai dari makan berat hingga cemilan.

Ebi salah satu olahan udang. Ebi (udang kering) biasanya hanya digunakan untuk penyedap makanan. Namun, siapa sangka di tangan Rospa Edia Wati, ebi bisa menjadi cemilan yang enak. Wanita yang kerap disapa Dia ini telah memulai usaha KribiQu (Keripik Ebi) sejak tahun 2015 silam.

Dia mengolah udang kering terbaik dari Bangka Belitung untuk menjadi cemilan yang gurih dan bisa disantap kapan saja. Ebi yang dibuat oleh Rospa Edia Wati ini telah dipasarkan ke berbagai daerah. Bahkan wanita ini memiliki impian agar produknya bisa menembus pasar ekspor.

"Sebelum membuat KribiQu saya sudah membuat kue kering, basah dan snack lainnya. Pada tahun 2015 baru fokus buat KribiQu dan ternyata ini disukai banyak orang, sampai sekarang produksi terus meningkat," katanya.

Ia menceritakan, dirinya memproduksi KribiQu dari udang kering terbaik yang diperolehnya dari Bangka Selatan. Tapi tak jarang, dirinya juga kesulitan mendapatkan ebi sebagai bahan baku utama dari produknya.

“Awalnya ini hanya dibuat untuk konsumsi pribadi. Saya minta teman coba, akhirnya dia bilang kenapa enggak dipasarkan saja? Baru saya coba untuk jual. Ternyata banyak yang pesan setelah itu," ceritanya.

Pada hari-hari biasa kata Dia, dirinya memproduksi sekitar 200 kg/bulan. Sedangkan untuk hari-hari besar seperti Idulfitri dirinya mampu memproduksi sekitar 2 ton. Ia mempekerjakan beberapa tenaga kerja untuk memproduksi KribiQu.

Dia menceritakan, dirinya pernah kesulitan untuk mendapatkan bahan baku ebi, sehingga Ia harus mengirim dari Kalimantan. Namun, hal ini membuat biaya produksi lebih meningkat.

  • Halaman
  • 1
  • 2