Tekan Keramaian Kendaraan Di Pasar, Gubernur Sarankan Menerapkan Ganjil Genap Lalulintas

Ahada
Tekan Keramaian Kendaraan Di Pasar, Gubernur Sarankan Menerapkan Ganjil Genap Lalulintas
Gubernur Babel Erzaldi Rosman bersama Kapolda Babel dan Danrem 045 Gaya Babel serta rombongan mengendarai motor menuju lokasi rapid test di Pasar Tanjungpandan Belitung, Sabtu (16/5/2020). (Ist)

TANJUNPANDAN, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman bersama Kapolda Babel Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat dan Danrem 045 Garuda Jaya Bangka Belitung menjau dua titik posko rapid test di Pasar Tanjungpandan  Belitung, Sabtu (16/5/2020).

Kedatangan Gubernur, Kapolda dan Danrem bersama rombongan mengendarai motor ini, disambut langsung Bupati Belitung Sahani Saleh, Wabup Belitung Isyak Meirobie dan unsur Forkopimda Kabupaten Belitung.

Setibanya di lokasi, Gubernur Erzaldi mengaku terkesan melihat masyarakat Belitung yang telah mengikuti anjuran dan arahan pemerintah terkait protokol kesehatan.

"Jujur, kami terkesan melihat sudah mulai baiknya pengertian masyarakat terhadap protokol pencegahan penyebaran virus ini. Walaupun memang masih harus ada gerakan sedikit lagi. Biar agak detail, sehingga masyarakat  lebih paham lagi, " ujar Gubernur Erzaldi.

Seperti apa? Gubernur menyarankan agar ada penerapan ganjl-genap untuk lalu lintas.

Tujuannya agar keramaian bisa dikurangi dan kendaran tidak menumpuk di jalanan apalagi di lokasi pasar.

"Kita khawatir menjelang lebaran ini masyarakat akan keluar untuk mencari kebutuhan lebaran. Akibanya kendaraan akan numpuk-numpuk. Kondisi ini nyaris di semua tempat," tukas Gubernur.

Jika ada pengaturan genap ganjil, Gubernur Erzaldi yakin bisa mengurangi membludaknya kendaraan dan warga yang datang ke pasar pada hari yang sama.

"Jadi misalnya, tanggal ganjil yang melintas hanya nopol ganjil, kalau tanggalnya genap yang melintas nopol genap. Itu saran saya setelah melihat kondisi di lokasi," ungkap Gubernur.

Namun demikian, Gubernur mengkui sampai sejauh ini belum terjadi penumpukan kendaraan di pasar-pasar.

Hanya saja Ia khawatir semakin mendekati lebaran maka akan makin ramai masyarakat yang berpegian ke pasar.

"Sampai sejauh ini saya mengucapkan terimakasihlah ke masyarakat yang pelan-pelan mulai memahami kalau virus ini harus segera kita hentikan," ucap Gubernur Erzaldi. (BBR)
Laporan: @hada