Tempat Tongkrongan Sering Abaikan Protokol Covid-19, Gubernur Siapkan Sat Pol PP

Ahada
Tempat Tongkrongan Sering Abaikan Protokol Covid-19, Gubernur Siapkan Sat Pol PP
Gubernur Babel Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bangka Belitung disiapkan untuk melakukan patroli ke berbagai tempat keramaian di Bangka Belitung, Selasa (16/6/2020). (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bangka Belitung disiapkan untuk melakukan patroli ke berbagai tempat keramaian di Bangka Belitung.

Tujuannya, untuk memantau dan menegakan kepatuhan dan disiplin masyarakat terhadap protokol covid-19.

"Melihat kondisi terakhir, kami rasa sudah waktunya Sat Pol PP bergerak patroli ke berbagai tempat keramaian yang disinyalir tempat penularan Covid-19," ujar Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

Gubernur mengaku akan menugaskan Sat Pol PP untuk menyisir tempat-tempat keramaian mulai dari pasar, kafe, rumah makan dan tempat tongkrongan.

"Kita lakukan patroli rutin supaya penegakkan disiplin protokol Covid-19 berjalan," tukas gubernur.

Erzaldi beralasan kebijakan menggerakkan Sat Pol PP tersebut, karena Ia menilai belakangan ini kedisiplinan dan kepatuhan sebagian masyarakat mulai kendor dalam menerapka protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian.

"Bukan apa-apa, kita lihatlah akhir-akhir ini sudah mulai lingah. Protokol kesehatan keliatannya lah dianggap angin lalu. Tempat nongkrong saya perhatikan malah makin ramai. Cobalah kita memposisikan sebagai petugas-petugas garda terdepan yang dak pakai pulang agik ke rumah demi kita selamat," ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, sebelum ini pihaknya memang belum mengambil tindakan tegas, karena masih dalam tahap sosialisasi dan edukasi.

Ia berharap dalam kurun dua bulan belakangan ini, masyarakat sudah memahami pentingnya patuh dan disiplin protokol covid-19.

"Saya minta Pol PP sisir dulu, patroli dulu, baru nanti ada tindakan tegas yang akan diterapkan setelah bersinergi dengan TNI-Polri," tegasnya.

Untuk mempercepat langkah ini, Gubernur telah perintahkan Kepala BPBD Babel, sekaligus Sekretaris GTPPC Covid-19 Babel, Mikron Antariksa untuk segera melakukan koordinasi dengan Satgas Kota Pangkalpinang dan Satgas Kabupaten lainnya untuk ambil langkah-langkah antisipasi, sehingga apa yang terjadi saat ini tidak terulang.

"Mohon dukungan seluruh masyarakat. Program dan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dan aparat terkaid ini, tidak lain untuk menjaga keamanan dan keselamatan kita semua dari penyebaran covid-19," ujarnya. (BBR)