Tepung Sagu dan Tapioka Produksi PT BAA Diekspor ke Malaysia dan Jepang

Irwan
Tepung Sagu dan Tapioka Produksi PT BAA Diekspor ke Malaysia dan Jepang

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Owner PT Bangka Asindo Agro (PT BAA) salah satu perusahaan pengolahan tepung tapioka dan tepung sagu yang ada di Kabupaten Bangka Fidrianto merasa sangat terkejut ternyata Kepala BNPB Letnan Jenderal Doni Monardo mempunyai pengetahuan tentang produk sagu yang sangat bagus.

Dengan begitu, dirinya merasa terpacu untuk lebih bersemangat dalam mengembangkan pangan lokal berbasis tepung singkong dan sagu.

"Kita ketahui bahwa saat ini produk turunan dari sagu yang ada di Bangka ini sudah mulai dikenal di tingkat nasional. Dan sekarang kami sedang mengembangkan produk turunan dari tepung sagu bersama dengan UMKM yang ada di Sungailiat dan PKK Kelurahan Kenanga," terang Fidrianto kepada awak media setelah menerima kunjungan Kepala BNPB bersama rombongan di Pabrik PT BAA, Kamis (18/3/2021).

"Kita sudah banyak banyak mengolah produk turunan dari tepung sagu seperti cookies, brownies dan yang lainnya. Dan yang lebih penting adalah ternyata rasanya lebih enak dari bahan baku yang berbasis tepung terigu," tambahnya.

Sementara itu, saat ini PT Bangka Asindo Agri juga telah mengekspor tepung tapioka dan sagu ke negara Malaysia dan Jepang secara rutin setiap bulannya.

Ditegaskannya, bahwa Bangka bukan produsen sagu terbesar tetapi Bangka menjadi produsen sagu yang paling inovatif dan kreatif. Saat ini Sago Mee telah ada di Malaysia dan saat ini pihaknya sedang mempromosikan ke negara lainnya.

"Saya sangat senang ada respon baik dari pihak pemerintah pusat yang akan membantu dalam memasarkan produk sagu sampai ke level internasional. Dan saat ini permintaan dari lokal pun sudah mengalami peningkatan, dan mudah mudahan penjualan akan semakin membaik lagi," pungkasnya.

Acara tersebut turut dihadiri dari Kementerian Kesehatan, Kapolda Babel, Danrem 045/Garuda Jaya, Dandim 0413/Bangka, Danlanal Bangka, Kemendagri, Kapolres Bangka, Danramil 413/06 Sungailiat dan tamu undangan lainnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan