Terapkan Protokol Covid Dalam Tahapan Pilkada, KPU Bateng Dapat Suntikan Dana APBN

faisal
Terapkan Protokol Covid Dalam Tahapan Pilkada, KPU Bateng Dapat Suntikan Dana APBN
"Konferensi Pers KPU Bateng terkait Tahapan Lanjutan Pilkada 2020 dengan Media Cetak dan Elektronik. (Ist)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- KPU Bangka Tengah (Bateng) mendapatkan suntikan anggaran APBN senilai 1,165,243,000 miliar dalam pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020.

Penambahan suntikan dana tersebut bukan tanpa alasan, pelaksanaan pilkada ditengah pandemi diprediksi memakan banyak biaya dikarenakan harus menerapkan protokol kesehatan disetiap tahapan Pilkada.

PLT Sekretaris KPU Bateng, Sahrul yang menerangkan, suntikan dana tersebut digunakan untuk penerapan protokol kesehatan percepatan dan penanganan Covid-19 pada saat pelaksanaan tahapan pilkada.

"Anggaran tersebut kita gunakan untuk kepentingan pencegahan protokol kesehatan seperti dana kesehatan untuk personil KPU, PPK, PPS dan PPDP, Rapid test serta perlengkapan alat pelindung diri (APD) covid 19,"terangnya

Ia mengatakan, banyak tahapan, program dan jadwal pelaksanaan harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi sehingga memakan banyak biaya tambahan, hal ini tertuang dalam perubahan Peraturan KPU nomor 5 tahun 2020.

"Dalam PKPU, tahapan dilaksanakan harus mengacu pada protokol kesehatan percepatan dan penanganan covid 19, sehingga setiap pengadaan pun harus berpedoman pada e-katalog sesuai prosedur penggunaan APBN,"pungkasnya. (BBR).


Penulis  : Faisal

Editor     : Admin03