Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19, Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Bateng Berjalan Lancar

Kasmirudin
Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19, Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Bateng Berjalan Lancar
Komisi Pemilihan Umum Bangka Tengah menggelar rapat pleno pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Bangka Tengah 2020 di Novotel Hotel , Kamis (24/9/2020).

BANGKATENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Komisi Pemilihan Umum Bangka Tengah (Bateng) menggelar rapat pleno pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Bangka Tengah 2020, Kamis (24/9/2020).

Dalam rapat pleno terbuka yang berlangsung di Novotel Hotel, Kecamatan Pangkalanbaru tersebut, pelaksana menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dengan hanya memperbolehkan masuk dalam ruangan pasangan calon dan ketua tim sukses/LO, Bawaslu, dan Forkopimda, Kapolres, Koramil serta awak media.

Seluruh undangan yang  pun wajib mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, pemeriksaan suhu tubuh, dan menggunakan masker.

Pada pengundian nomor urut, pasangan Ibnu Saleh dan Herry Erfian yang merupakan calon petahana mendapatkan nomor urut satu, sedangkan pasangan Didit Srigusjaya dan H. Korari Suwondo dengan Jargon Berdikari mendapatkan nomor urut dua.

Rusdi

Usai mendapatkan nomor urut, kedua paslon menandatangani poin-poin fakta integritas. Pertama, mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada setiap tahapan pemilihan, sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020, yang telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 dan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang. Kedua, mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pihak dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan seluruh tahapan pemilihan Tahun 2020. Ketiga, menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku, apabila melanggar peraturan mengenai protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah, Rusdi mengatakan, pembatasan peserta undangan yang hadir pada pengundian nomor urut paslon sudah berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) terbaru yang secara ketat wajib menerapkan protokol kesehatan.

“Kami berharap para paslon dalam melaksanakan setiap tahapan menerapkan dengan protokol kesehatan sesuai dengan komitmen bersama yang disepakati dalam pakta integritas," tandasnya. (BBR/ADV)


Penulis : Faisal

Editor   : Kasmir