Ternyata Ada Dua Versi Asal Usul Nama Desa Kacung, Begini Penjelasannya

Irwan
Ternyata Ada Dua Versi Asal Usul Nama Desa Kacung, Begini Penjelasannya

KELAPA, BABELREVIEW.CO.ID – Desa Kacung yang terletak di Kecamatan Kelapa, Bangka Barat memiliki beragam cerita dan tradisi yang sudah melekat. Salah satunya adalah kisah nama “Kacung” itu sendiri. Kepada Babel Review, Pj Kepala Desa Kacung, Hayati menjelaskan dua versi nama Kacung berasal.

Menurut sejarah dan penuturan tokoh desa dahulu, ada dua versi sejarah diberikannya nama “kacung” sebagai nama desa. Versi pertama mengatakan, nama kacung diambil dari bunyi seekor burung yang tinggal di sebuah pohon atau kayu besar yang terletak di tengah desa.

Burung tersebut bersuara cung-cung atau cong-cong. Jadilah daerah tersebut dinamakan kacung dan kemudian digunakan menjadi nama desa/kampung.

Versi kedua mengatakan nama kacung diambil dari nama sebuah pohon atau kayu besar yang banyak tumbuh di desa. Pohon tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda dari pohon di sekitarnya maupun pada umumnya.

Pohon tersebut merupakan satu-satunya yang ada dan berbeda, serta tidak memiliki rumpun atau kembaran yang sama. Pohon tersebut merupakan pohon tunggal. Nama pohon tersebut adalah kacung atau kacong. Kemudian nama pohon tersebut dijadikan nama desa atau kampung. (BBR)

 

Laporan: Irwan