Terobosan Disdukcapil Pangkalpinang, Cetak KTP-el 4 Menit Langsung Jadi

Irwan
Terobosan Disdukcapil Pangkalpinang, Cetak KTP-el 4 Menit Langsung Jadi
Kepala Disdukcapil Pangkalpinang Darwin

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pangkalpinang melaksanakan program Rekam Langsung Jadi, yang menjadi terobosan untuk mempermudah masyarakat terkait pelayanan administrasi kependudukan.

Kepala Disdukcapil Pangkalpinang Darwin mengatakan, prosedur birokrasi yang sebelumnya kurang efektif dan membutuhkan waktu yang lama, maka melalui program Rekam Langsung Jadi waktu dibutuhkan hanya beberapa menit.

“Bagi masyarakat yang berusia 17 tahun cukup membawa KK dan dokumen pendukung seperti akte dan direkam, mulai dari foto iris mata, sidik jari direkam. Kalau sinyalnya bagus untuk membuat KTP hanya membutuhkan 15 menit dari proses awal sampai selesai,” jelas Darwin, Rabu (10/2/2021).

Sedangkan, kata Darwin, apabila KTP-el tidak terbaca di lembaga pengguna, rusak atau hilang, prosesnya cukup singkat hanya membutuhkan 4 menit apabila blangko KTP tersedia.

"Prosesnya lebih singkat dari pada rekam langsung jadi. Syaratnya cukup membawa KTP-el yang rusak silahkan bawa ke Dukcapil Pangkalpinang 4 menit langsung jadi, sedangkan untuk hilang cukup membawa fotokopi KK dan Surat Kehilangan dari kepolisian," ujarnya.

Darwin menyebutkan, program ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat Pangkalpinang dalam kepengurusan dokumen kependudukan.

"Dalam sehari sekitar 40-50 orang yang melakukan rekam KTP-el maupun pergantian KTP yang rusak. Alhamdulillah masyarakat puas," ujarnya.

Darwin juga menyampaikan, kepada masyarakat Kota Pangkalpinang yang akan mengurus dokumen kependudukan dapat memanfaatkan fasilitas layanan Dukcapil secara daring melalui Whatsapp.

"Kalau untuk proses rekam kami anjurkan datang ke Dukcapil, namun untuk proses  lain kami anjurkan melalui Whatsapp yang tersedia," ucapnya. (BBR)

Laporan: Gusti

Editor: Irwan