Tidak Ada Masalah Kabupaten/Kota Sampaikan Informasi Tentang Covid-19, Asalkan ...

kasmirudin
Tidak Ada Masalah Kabupaten/Kota Sampaikan Informasi Tentang Covid-19, Asalkan ...
Ketua Sekretariat Puskodalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa. (Foto: Diko Subadya)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional (Puskodalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa menegaskan, bahwa pihaknya tidak mempersalahkan jika pemerintah kabupaten/kota ingin menyampaikan rilis mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Covid-19.

Hanya saja, menurut Mikron akan jauh lebih baik, jika sebelum informasi tersebut disampaikan ke publik, pemerintah kabupaten/kota berkoordinasi terlebih dahulu dengan Gugus Tugas Provinsi Bangka Belitung.

Koordinasi ini dianggap sangat penting, agar output atau informasi yang disampaikan oleh tim gugus tugas provinsi kepada publik sama dengan yang disampaikan oleh kabupaten/kota.

"Kami tidak ada masalah kalau kabupaten/kota yang merilis mengenai hal-hal berkaitan dengan Covid-19. Namun alangkah baiknya sebelum mengeluarkan pernyataan, tanyakan dulu kebenarannya atau kepastiaannya ke gugus tugas provinsi," katanya menegaskan.

Ia mencontohkan seperti informasi yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan berkenaan dengan pasien  Covid-19 yang dinyatakan sembuh oleh Dinas Kesehatan Basel.

Kabar baik tersebut tentu penting untuk disampaikan, hanya sayangnya saat itu gugus tugas Babel belum mengetahui informasi tersebut, untuk itu baiknya sebelum disampaikan agar dikoordinasikan dahulu atau minimal menyampaikan informasi tersebut ke gugus tugas provinsi.

"Memang benar yang memiliki warga itu kabupate/kota, namun untuk informasi yang lebih akurat dan menenangkan alangkah baiknya dikoordinasikan dulu. Terkadang bisa saja surat resmi terkait informasi yang hendak disampaikan belum keluar, namun karena euforia kemudian sudah menyampaikannya ke media. Padahal suratnya belum ditandatangani. Jadi maksud saya tahan dulu, dikoordinasikan, baru dipublikasikan. Ini hanya agar informasi yang disampaikan sama dan satu kata, sehingga tidak ada persepsi yang berbeda-beda," sambungnya.

Mikron juga mengingatkan keberadaan Tim Gugus Tugas yang ada di masing-masing kabupaten/kota. Menurutnya, alangkah lebih baik informasi seputar Covid-19 disampaikan secara resmi oleh Tim Gugus Tugas kabupaten/kota berkoordinasi dengan Gugus Tugas Provinsi Babel.

"Di setiap kabupaten/kota kan ada gugus tugas, kenapa gak mereka aja yang menyampaikannya? Bukan malah OPD-OPD yang muncul. Tugas dan fungsi gugus tugas di setiap daerah itu untuk mengkoordinasikan dan mengkoordinir semua kepentingan yang berurusan dengan Covid-19 tidak terkecuali data, apalagi mereka sudah ditunjuk langsung oleh kepala daerah," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor  :  Kasmir

Sumber : Babel Review