Tiga Kecamatan di Basel Belum Tersentuh Jaringan Sinyal Selular

Irwan
Tiga Kecamatan di Basel Belum Tersentuh Jaringan Sinyal Selular
Sekretaris Diskominfo Bangka Selatan Yoko Femio Ratzumury

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Sejumlah desa di tiga kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan masih mengalami "blank spot" atau wilayah yang belum tersentuh jaringan sinyal telekomunikasi selular.

Sekretaris Diskominfo Bangka Selatan Yoko Femio Ratzumury mengatakan bahwa pihaknya mencatat ada sekitar tujuh desa di tiga kecamatan yang mengalami blank spot.

"Wilayah blank spot di Bangka Selatan yakni ada di Kecamatan Pulau Besar, sebanyak tiga titik di desa atau dusun, di Kecamatan Tukak Sadai ada dua titik, Kecamatan Simpang Rimba ada dua titik," katanya, Rabu (21/4/2021).

Kendati demikian, pihaknya sudah mengupayakan pengajuan dukungan sinyal ke Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk mengcover di tiga wilayah tersebut.

"Sebelumnya BAKTI sudah mengcover di kepulauan terluar di Bangka Selatan, yakni kepulauan Pongok melalui sinyal satelit. Hingga kini kita sudah mengajukan kembali ke BAKTI untuk mengcover blank spot di tiga kecamatan tersebut," katanya.

Diakuinya, hal ini terjadi dikarenakan tower telekomunikasi milik swasta belum bisa mengcover sepenuhnya di setiap kecamatan atau titik-titik yang memang belum bisa terjangkau.

"Pemda bekerjasama dengan provider atau operator selular untuk menyediakan fasilitas wifi corner gratis di delapan kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan," katanya.

Dikatakannya, saat ini wifi corner gratis ada di Kecamatan Payung. Untuk kecamatan lainnya masih dalam proses. (BBR)

Laporan: Andre

Editor: Irwan