Tim Gustu Covid-19 Pemkab Bangka Terima Bantuan Gelang Pantau 400 Buah dari BPBD Babel

Ibnuwasisto
Tim Gustu Covid-19 Pemkab Bangka Terima Bantuan Gelang Pantau 400 Buah dari BPBD Babel
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM. MPH. (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM. MPH menyebutkan untuk 3 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bangka terdapat 3 cluster. Tiga cluster tersebut adalah cluster Goa, cluster Jakarta dan cluster Lokal.

Ia katakan hasil penyelidikan epidemiologi dan kontak penelusuran terhadap kasus terkonfirmasi adalah bahwa ketiga pasien itu sebelumnya masuk dalam kategori OTG.

"Untuk OTG ini kalau dilihat sepintas kondisi fisiknya baik-baik saja, tetapi orang bersangkutan bisa karir. Dan sampai hari Kabupaten Bangka telah melakukan spesimen swab sebanyak 84 orang. Dengan perincian, laboratorium swab 43 orang masih menunggu hasil, lagi swab negatif 38 orang dan laboratorium swab positif terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 3 orang," terangnya, Selasa (5/5/2020).

Dengan adanya peningkatan kasus Covid-19, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka menerima bantuan berupa gelang sebanyak 400 buah dari BPBD Provinsi Bangka Belitung. Dengan maksud untuk memantau pada pasien OTG maupun ODP.

"Tujuan dipasangnya gelang pantau pada pasien OTG maupun ODP adalah agar tidak keluar dari titik yang ditentukan pada saat melakukan isolasi mandiri. Dan hari ini, kita melakukan sosialisasi terhadap penggunaan gelang pantau terhadap OTG di ruang OR Pemkab Bangka," imbuhnya.

Kegiatan sosialisasi itu dihadiri oleh seluruh camat, tim survailen puskesmas dan dokter puskesmas. Dan narasumber dari BPBD Provinsi dan Tim Relawan Pemantau ODP Wilayah Kabupaten Bangka.

"Kami berharap dengan pemasangan gelang pantau dapat menekan peningkatan kasus Covid-19 yang ada di Kabupaten Bangka. Saya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, gunakan masker ketika berada di luar rumah dan yang terakhir jangan lupa untuk berdoa," ucapnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review