Tim KKN UBB Desa Bencah Bagi-Bagi Masker dan Cek Kesehatan Pedagang di Pasar Pagi

kasmirudin
Tim KKN UBB Desa Bencah Bagi-Bagi Masker dan Cek Kesehatan Pedagang di Pasar Pagi
Mahasiswa KKN UBB membagikan masker dan mengecek kesehatan pedagang di Pasar Pagi Desa Bencah, Kecamatan Airgegas, Senin (20/7/2020). (Foto: Istimewa)

AIRGEGAS, BABELREVIEW.CO.ID -- Tim KKN Universitas Bangka Belitung (UBB) Desa Bencah, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan, yang diketuai Syafrudin bersama 14 anggota tim, melakukan kegiatan bagi-bagi masker serta membantu tim UPT Puskesmas Airgegas untuk pengecekan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. Kegiatan ini dilakukan di Pasar Pagi Desa Bencah, dengan dipandu tim kader kesehatan Desa Bencah.

Salah satu program yang diusungkan dalam KKN Desa Bencah adalah bidang kesehatan, yakni ikut serta menjalankan dan edukasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Kegiatan hari ini sangat cocok dengan tema KKN UBB yang diajukan yaitu “Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial dan Ekonomi melalui Gerakan Peduli Lingkungan dan Kesehatan pada Masa Pandemi Covid 19”. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka membantu pemerintah mencegah penyebaran covid 19 khususnya di Desa Bencah.

Kegiatan diawali membagikan masker kepada pedagang maupun pengunjung di Pasar Pagi Desa Bencah, yang tidak menggunakan masker ketika berada di lokasi tersebut. Tim juga memberikan edukasi kepada warga untuk selalu menggunakan masker ketika berpergian ke tempat umum dan dikunjungi oleh khalayak ramai. Dengan menerapkan protocol kesehataan tim menganjurkan untuk tetap menaati protokol kesehatan, agar siap dalam menghadapi kehidupan maupun aktivitas di era new normal.

Menurut Dewi, petugas Puskemas Pembantu Desa Bencah, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program rutin UPT Puskesmas Airgegas dalam rangka Upaya Kesehatan Kerja (UKK). Sasaran kegiatan ini adalah para penjual di Pasar Pagi Desa Bencah, dengan tujuan agar tim kesehatan dapat memantau kesehatan para pedagang sekaligus upaya pencegah penyebaran Covid-19.

“Kegiatan kali ini dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan penjual melalui cek suhu tubuh, mengukur berat badan, pengecekan tensi darah dan pengecekan kadar gula. Melalui pemeriksaan ini diharapkan para pedagang tetap dalam kondisi sehat dan memberikan edukasi kepada mereka, untuk selalu menggunakan masker dan sepatu boot agar terhindar dari kotoran ataupun kuman yang ada di lokasi pasar,” jelas Dewi.

Sementara Ketua Tim KKN Desa Bencah, Syafrudin menyampaikan, bahwa kegiatan kali ini sangat memberikan pengalaman bagi mahasiswa dan sangat membantu Tim Kesehatan UPT Puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Harapannya semoga dengan kegiatan kami hari ini edukasi keprotokolan kesehatan dapat dipahami oleh masyarakat dan semoga pandemi ini bisa cepat berlalu, sehingga kita semuanya siap menjalankan aktivitas secara normal,” tukasnya. (BBR)


Penulis : Sumiyanti (Mahasiswi UBB)

Editor   : Kasmir 

Sumber : UBB