Tim Saber Pungli Segera Periksa Dugaan Pungutan di SMPN 1 Pangkalpinang

Ahada
Tim Saber Pungli Segera Periksa Dugaan Pungutan di SMPN 1 Pangkalpinang
Wakil Tim Saber Pungli Pangkalpinang Suhaimi. (gusti)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --- Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Pangkalpinang, dalam waktu dekat akan turun ke lapangan, guna mengecek terkait informasi adanya dugaan pungutan, kepada wali murid di SMP N 1 Kota Pangkalpinang.

Hal tersebut disampaikan Wakil Tim Saber Pungli, Suhaimi, saat ditemui di Kantor Inspektorat Kota Pangkalpinang. Rabu, (5/8/2020).

Suhaimi mengatakan, berdasarkan informasi dari media sosial dan pemberitaan, pungutan dilakukan bukan dari pihak sekolah, melainkan dari pihak diluar sekolah itu. 

"Mungkin apakah sebelumnya mereka ada pertemuan dengan wali murid dan menjadi suatu kesepakatan, tetapi dalam pelaksanaanya mungkin apakah ada yang keberatan atau tidak mampu, sehingga mungkin ini terjadi dan persoalan itu mencuat," katanya.

Ia juga mengatakan, dalam waktu dekat Tim Saber Pungli akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, untuk mengumpulkan data terkait dugaan adanya pihak yang meminta pungutan itu.

Lanjutnya, apabila data sudah dikumpulkan terkait adanya pihak yang diduga melakukan pungutan, untuk langkah selanjutnya akan dibahas bagaimana upaya penindakan yang akan diberikan.

" Untuk langkah kedepan akan kami diskusikan, apakah nanti uang tersebut dikembalikan," ujarnya.

Kepala Inspektorat Kota Pangkalpinang ini menyebutkan, memang saat ini pungutan di sekolah tidak diperbolehkan.

" Tidak dibolehkan dalam arti kata tidak boleh menetapkan nominal, tetapi mungkin kalau untuk sukarela tidak masalah, artinya untuk peningkatkan kualitas pendidikan termasuk sarana dan prasarana sekolah," ucapnya. (BBR)
Laporan: gusti randa