Tim Terpadu Tangkap Tiga Kapal Compreng di Perairan Basel

kasmirudin
Tim Terpadu Tangkap Tiga Kapal Compreng di Perairan Basel
Tim Terpadu Babel berhasil menangkap tiga unit kapal compreng di perairan Bangka Selatan, Sabtu (22/12/2018). (foto: Andre)

TOBOALI, BABEL REVIEW -- Tim Terpadu yang dibentuk guna menindaklanjuti penyalahgunaan kapal compreng dan trawl di perairan Bangka Selatan membuahkan hasil. Tim ini berhasil mengamankan 3 unit kapal compreng beserta nahkoda yang sedang beroperasi di perairan Tanjung Timur Toboali, Basel pada Sabtu (22/12/2018).

Ketiga kapal compreng yang diamankan tersebut yakni KM Ariana GT 67 No 140/Be dengan jumlah ABK sebanyak 17 orang, KM HKS Makmur GT 50 NO. 8221/Bc dengan jumlah ABK sebanyak 15 orang dan KM Marga Mulya 2 dengan ABK sebanyak 14 orang.

Ketua Tim Terpadu Sularsono didampingi Kapten Kapal Dit Polair Polda Babel AKP Hari dan Kasat Polair Polres Basel AKP Junaedi mengatakan, penangkapan 3 unit kapal compreng ini merupakan tindak lanjut dari keluhan nelayan Toboali yang melakukan unjuk rasa beberapa waktu lalu yang dilakukan oleh Tim Terpadu Babel yang menangani masalah trawl, compreng, dan tambang laut ilegal.

“Ketiga kapal compreng tersebut ditangkap saat sedang menangkap ikan di perairan Tanjung Timur Toboali Bangka Selatan pada hari Sabtu (23/12) sekira pukul 17.30 WIB, " jelasnya pada BBR, Minggu (23/12/2018).

Dikatakannya, kendati kapal compreng tersebut memiliki dokumen berlayar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI dan beroperasi diatas 11 mil dari bibir pantai terdekat. Namun, kapal compreng tersebut diduga tidak memiliki ijin menangkap ikan di perairan Babel.

“Barang bukti 3 unit kapal compreng yang diamankan sudah disandarkan di Pelabuhan Sadai dan akan dibawa ke Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang, " jelasnya

Sedangkan nahkoda dari 3 kapal tersebut, lanjutnya, merupakan warga Jakarta, juga sudah diamankan oleh Tim Terpadu Pemprov Babel dan dibawa ke Mapolda Babel guna mengikuti proses hukum selanjutnya. (BBR)

 


Penulis : Andre             
Editor   : Kasmir
Sumber :Babelreview