Tingginya Angka Terkonfirmasi Covid-19 di Bangka Barat Berasal dari Tanker Milik Pertamina

buditio
Tingginya Angka Terkonfirmasi Covid-19 di Bangka Barat Berasal dari Tanker Milik Pertamina
Perwakilan Pertamina saat jumpa pers Selasa 05/05/2020. (buditio)

MUNTOK, BABELREVIEW.CO.ID – Saat ini di Kabupaten Bangka Barat telah tercatat 15 orang yang terkonfirmasi positif covid-19. Tingginya angka ini dibandingkan dengan kabupaten lain tidak terlepas dari berlabuhnya kapal Tanker dan Tugboat milik Pertamina di Kabupaten Bangka Barat.

Dalam jumpa pers oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Bangka Barat terungkap bahwa 15 orang tersebut berasal dari klaster yang sama yakni kapal milik perusahaan BUMN tersebut.

Perlu diketahui bahwa awalnya ada 2 orang ABK kapal yang terkonfirmasi positif covid-19 di Palembang, dari hasil tracking/penelusuran kedua ABK tersebut bertugas di Kapal Tanker yang berlabuh di perairan Muntok. Dalam pemeriksaan lanjutan terhadap para ABK yang bertugas di Kapal Tanker dengan menggunakan swab tes didapatkan hasil 8 orang terkonfirmasi positif Covid-18 dan kemudian dibawa ke Wisma Karantina Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari Jumat, 01/05/2020.

Jubir (GTPP) Covid-19 Bangka Barat, Dokter Hendra, dalam jumpa pers Selasa, 05/05/2020, kembali menyampaikan tambahan jumlah yang telah terkonfirmasi positif sebanyak 7 orang. Dimana 6 orang tersebut merupakan ABK Kapal Tanker dan 1 orang merupakan warga Muntok yang selama ini bekerja sebagai agen kapal dan mempunyai riwayat kontak langsung dengan ABK kapal tersebut.

“Saat ini di Kabupaten Bangka Barat terdapat 15 kasus positif terkonfirmasi Covid-19. Kesemuanya berasal dari klaster yang sama yakni kapal tanker Pertamina. Tujuh orang yang terkonfirmasi positif tersebut malam ini akan dijemput untuk dibawa ke Wisma Karantina Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.”jelasnya.

Dalam jumpa pers tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Pertamina, Ipan, mengatakan bahwa sejak tanggal 20 April 2020, kapal tersebut dalam status dikarantina atau mengibarkan bendera kuning sebagai pertanda. Ketika didesak tentang berapa jumlah kapal milik Pertamina yang berlabuh Ipan menolak untuk menjawab. Sementara itu, Pertamina Region Manager Comm, Rel & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf, sampai berita ini diturunkan belum juga memberikan jawaban tentang hal tersebut. (BBR)


Penulis   : buditio

Editor     : Admin05

Sumber  : Babel Review