Tingkatkan Kesadaran Berlalulintas Polres Basel Rutin Gelar Razia

andre
Tingkatkan Kesadaran Berlalulintas Polres Basel Rutin Gelar Razia
Foto : Andre

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Kegiatan Razia penertiban pelanggaran berlalulintas digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Basel kembali dilakukan di Simpang Teladan Jalan Jenderal Sudirman, Toboali Bangka Selatan.

 Kegiatan yang dipimpin kasat Lantas ini di awasi langsung oleh Waka Polres Bangka Selatan, Kompol Sarwo Edi, SIK dan menyertakan 27 personel. Setiap kendaraan roda dua maupun roda empat diberhentikan untuk diperksa Kelengkapan diri maupun Kendaraan, namun di prioritaskan pada penggunaan Helm.

 Selain itu, dalam Kegiatan ini, Sat Lantas juga memeriksa surat surat kendaraan seperti (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi tindak kriminal seperti aksi pencurian motor.

 " Kegiatan ini kami prioritaskan pada Pelanggaran Lalu lintas terutama penggunaan Helm Standard Indonesia, selain itu juga guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas seperti Curanmor serta kejahatan jalanan lainnya, " ungkap Waka Polres.

 Menurutnya, razia yang dilakukan oleh Satlantas Polres Bangka Selatan karena selama ini sebagian pengendara sepeda motor masih kurang kesadarannya akan keselamatan diri sendiri selama berkendara.

 " Kebanyakan dari pengendara sepeda motor beranggapan menggunakan helm hanyalah sebagai tameng agar tidak ditilang oleh Polisi Lalulintas (Polantas), padahal helm merupakan salah satu kelengkapan berkendara yang berfungsi untuk melindungi pengendara, " ungkapnya selasa (04/02/2020).

 Lebih lanjut ia mengatakan, beberapa Bulan terakhir ini hampir di setiap malam dilaksanakan razia Satlantas Polres Bangka Selatan telah banyak menjaring pelanggaran lalu lintas yang tidak menggunakan helm pada malam hari.

 " Kurangnya kesadaran dari pengendara sepeda motor tersebut tentu saja dapat berakibat terhadap tingkat cedera korban kecelakaan lalu lintas jika tidak menggunakan helm, " pungkasnya.(BBR)


Penulis : Andrean

Editor : Andrean

Sumber : Babelreview