Tingkatkan Kualitas Aparatur Pemdes, 161 Peserta Ikuti Bina Potensi dan Inovasi Desa

Irwan
Tingkatkan Kualitas Aparatur Pemdes, 161 Peserta Ikuti Bina Potensi dan Inovasi Desa

PANGKALANBARU, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam rangka meningkatan kapasitas aparatur pemerintahan, Kementrian Dalam Negeri melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) menggelar Bina Pengembangan Potensi dan Inovasi Desa (BPPID) dengan biaya dibebankan pada APBD OPD dan APBDes tahun 2021.

Bersama dengan Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Bangka Tengah, kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dari tanggal 6-8 Januari 2021 di Hotel Soll Marina yang diikuti 161 peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Kaur Keuangan Desa se Bangka Tengah.

Plt Bupati Bangka Tengah Yuliyato Satin dalam sambutannya berharap pagelaran bina pengembangan ini mampu meningkatkan kualitas SDM di sektor pemerintahan desa.

“Dengan SDM berkualitas akan berdampak terhadap kinerja yang optimal sehingga bermuara pada hasil yang baik pula,” ujar Yuliyanto, Kamis (7/1/2021).

Yuliyanto Satin juga menyoroti penggunaan anggaran desa dalam penanggulangan Covid-19 yang belum berakhir.

Hal ini disebutnya terkait dengan program pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa yang juga menjadi bagian dalam prioritas penggunaan dana desa tahun 2021.

“Saya sarankan kalau bisa setiap desa memiliki posko bersama Covid-19 untuk desa, namun dalam pelaksanaannya Untuk itu dimusyawarahkan alokasi dana masing-masing untuk keperluan penanggulangan Covid-19 di desa masing-masing,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Apdesi Bangka Tengah Munzilin menyampaikan, dengan bimtek ini diharapkan dapat memacu kreatifitas dan wawasan bagi aparatur pemerintahan desa di Bangka Tengah, serta mampu membangun sistem pemerintahan desa yang baik dengan kualitas SDM yang kompeten.

“Bimtek ini adalah moment baik dalam peningkatan kualitas SDM, untuk itu besar harapan kami semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat diikuti dengan seksama oleh para peserta dan mamlu langsung diimplementasikan dengan baik dalam pengelolaan anggaran di tahun 2021 ini," harapnya. (BBR)

Laporan: Faisal

Editor: Irwan