Tingkatkan Produktifitas Bawang Merah, Pemkab Bateng Canangkan Penanaman di Lahan 20 Hektar Bersumber dari APBD dan APBN

Admin
Tingkatkan Produktifitas Bawang Merah, Pemkab Bateng Canangkan Penanaman di Lahan 20 Hektar Bersumber dari APBD dan APBN

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) akan melakukan pengembangan bawang merah dengan melaksanakan penanaman bawang merah seluas 20 Ha yang bersumber dari APBD dan APBN

Pengembangan ini dalam rangka mendukung Kabupaten Bangka Tengah yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai kawasan penghasil bawah merah dan cabai.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan, pengembangan tanaman bawang merah di Bangka Tengah didukung oleh dana APBD 1, APBD 2 serta APBN sejak tahun 2015.

Kemudian pada tahun 2020 Bank Indonesia memberikan bantuan dalam rangka mendukung pengembangan tanaman bawang merah di Kabupaten Bangka Tengah dari hulu hingga ke hilir dengan melaksanakan kegiatan pengembangan deplot bawang merah, pembangunan instore dryer dan gudang pasca panen di Kelompok Tani (Poktan) Karya Gemilang Desa Lubuk Pabrik.

Berdasarkan data sebelumnya, kegiatan pengembangan tanaman bawang merah di Kabupaten Bangka Tengah di pada tahun 2020 seluas 25,75 hektar bersumber melalui dana APBD 1, APBD 2, APBN Kementerian Pertanian RI satker Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung.

"Produktifitas bawang merah pada tahun 2019 mencapai 8 ton per hektar, kemudian meningkat ditahun 2020 dengan capaian 8,5 ton per hektar, guna meningkatkan target di tahun 2021 ini, kita akan melakukan pengembangan bawang merah seluas 20 hektar yang bersumber dari APBD dan APBN,"ujarnya.

Bupati menambahkan, untuk meningkatkan kemampuan Petani bawang merah, pihaknya juga melaksanakan kegiatan sekolah lapang good agriculture practise (SL GAP), sekolah lapang pengendalian Hama Terpadu (SL PHT) dan terbentuknya Asosiasi petani bawang merah di Bangka Tengah.

"Peningkatan wawasan melalui sekolah ini diharapkan terwujudnya tata kelola budidaya bawang merah yang baik, sehingga menghasilkan produkstivitas bawang merah yang meningkat yang berdampak pada kesejahteraan Petani,"Pungkasnya