Tingkatkan Tangkapan Nelayan, PT Timah Tebar 55 Rumpon di Perairan Semujur

Irwan
Tingkatkan Tangkapan Nelayan, PT Timah Tebar 55 Rumpon di Perairan Semujur

PANGKALANBARU, BABELREVIEW.CO.ID - Sebanyak 55 unit Rumpon bantuan dari PT. Timah kepada nelayan Tanjung Gunung di tenggelamkan di Perairan Semujur, Desa Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (24/3/2021).

Penurunan Rumpon ini dilakukan langsung oleh Tim Penyelam dari PT Timah serta para nelayan setempat.

Dimana puluhan rumpon tersebut di turunkan di tujuh titik yang menjadi wilayah tangkap para nelayan Tanjung Gunung.

Kepala Desa Tanjung Gunung, Muslimin seusai penurunan Rumpon mengatakan bahwa Rumpon ikan ini merupakan bentuk bantuan PT Timah berupa CSR kepada masyarakat atau nelayan Tanjung Gunung l.

“Ini adalah realisasi dari bantuan CSR PT Timah yang kita terima sebesar 20 Juta. Rumpon ini tentunya sangat bermanfaat bagi nelayan disini mudah-mudahan bisa menambah rumah bagi ikan dan jadi titik pancing bagi nelayan ikan kita," kata Muslimin.

Dirinya mengapresiasi kepedulian PT Timah terhadap masyarakat desa Tanjung Gunung yang memang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan.

Ia pun berharap kegiatan atau bantuan seperti ini bisa berkelanjutan, tidak hanya di desa Tanjung Gunung saja, namun juga menyasar desa-desa lainnya.
 
“Dengan kondisi cuaca serta keberadaan tambang yang ada dipinggir pantai, sedikit banyak berpengaruh, sehingga nelayan harus sedikit menjauh untuk menangkap ikan. Dengan adanya Rumpon ini, kita harapkan dapat meningkatkan hasil tangkap nelayan sehingga berdampak pula terhadap penghasilan mereka,” ujarnya.

Tak hanya itu, Muslim mengungkapkan selama ini PT Timah sudah menyalurkan banyak bantuan kepada masyarakat Desa Tanjung Gunung, seperti rumah layak huni, bantuan paket sembako, santunan kepada lansia dan anak yatim piatu, bantuan qurban, bantuan WC bagi keluarga kurang mampu.

“Kami sangat bertimakasih atas kerjasama dan bantuan dari PT. Timah yang telah banyak membantu kami mudah-mudahan PT Timah makin eksis, makin peduli dengan masyarakat dan pendapatan PT Timah,” ungkapnya.

Sementara itu, Bendara kelompok Nelayan Pancing Semujur Indah, Junior yang ikut menurunkan Rumpon mengatakan, pemasangan Rumpon di tujuh titik yang telah ditentukan berjalan lancar.

“Mudah-mudahan dengan adanya Rumpon ini, nelayan pesisir dan nelayan pancing yang ada disekitar, dapat bertambang hasil tangkap ikannya. Jika biasanya, dalam 2 hari 2 malam bisa dapat 60 kilo hingga 70 kilo, dengan ada Rumpon kita harapkan bisa mencapai 100 kilo,” harap Junior.

Untuk diketahui, Rumpon ini merupakan karang buatan yang bertujuan menjadi tempat berkumpul ikan dengan membentuk kondisi dasar laut menjadi mirip dengan kondisi karang-karang  alami sehingga bisa menjadi rumah bagi ikan.

Rumpon ini diletakkan di laut, baik itu dilaut dangkal maupun di laut dalam dengan menaruh berbagai jenis barang di dasar laut seperti ban, dahan dan ranting  dimana barang-barang tersebut dimasukkan dengan memberikan pemberat  berupa beton, batu-batuan dan pemberat lainnya sehingga posisi rumpon tidak bergerak karena arus laut. (BBR/ADV)

Laporan: Kevin

Editor: Irwan