Tips Kesehatan: Ini 8 Manfaat Rambut Jagung bagi Kesehatan, Bisa Cegah Batu Ginjal

kasmirudin
Tips Kesehatan: Ini 8 Manfaat Rambut Jagung bagi Kesehatan, Bisa Cegah Batu Ginjal
Rambut jagung yang muncul dalam sekam ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Foto: amazinghealthyfood.com

BABELREVIEW.CO.ID -- Jagung adalah salah satu makanan pokok di beberapa daerah wilayah Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia memakan jagung cukup familer, tapi mungkin tidak untuk mengonsumsi rambut jagung.

Info mengenai manfaat rambut jagung bisa dibilang masih minim. Selama ini hanya biji jagung yang dijadikan bahan makanan dan pada akhirnya rambut jagung berakhir di tempat sampah.

Dilansir dari laman BoldSky, rambut jagung bisa dimanfaatkan sebagai obat berbagai jenis penyakit dalam bentuk segar atau kering. Rambut jagung mengandung stigmasterol dan sitosterol.

Zat stigmasterol dan sitosterol efektif mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Asam nabati yang tinggi dapat meningkatkan kondisi mulut dan kulit Anda lebih baik.

Manfaat rambut jagung antara lain mengobati berbagai penyakit seperti, infeksi kandung kemih, radang sistem kemih, batu ginjal, diabetes, gagal jantung kongestif, tekanan darah tinggi dan kelelahan. Selain itu, kandungan vitamin C membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Manfaat rambut jagung bisa diperoleh dengan mengolahnya terlebih dahulu. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber manfaat rambut jagung untuk kesehatan Anda, Rabu (26/2/2020).

1. Memiliki Kandungan Vitamin C

Tidak hanya pada bijinya saja, rambut jagung juga mengandung vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan tinggi yang membantu penyakit kardiovaskuler.

Penyakit kardiovaskuler adalah kondisi terjadinya penyempitan pembuluh darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.  Rambut jagung dapat merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan fungsi semua organ vital pada tubuh Anda.

2. Meningkatkan Pencernaan

Saat Diare, Ini yang Dilakukan Bakteri dalam Pencernaan (Pretty/Shutterstock)

Rambut jagung dapat meningkatkan pencernaa dan mengobati masalah pencernaan. Rambut jagung dapat merangsang sekresi pada empedu oleh hati.

Oleh karena itu, empedu yang disimpan di kantong empedu dapat membantu pencernaan makanan menjadi lebih baik.

3. Mencegah Batu Ginjal

Rambut jagung dapat meningkatkan aliran urine dan megurangi dampak pembentukan sedimen di ginjal tubuh Anda. Rambut jagung juga bisa membilas racun dan zat berbahaya pada ginjal sehingga mampu mencegah batu ginjal.

Rambut jagung bisa mencegah akumulasi oksalat di ginjal, sehingga secara efektif bermanfaat mencegah batu ginjal. Selain itu, rambut jagung dapat membantu mengeluarkan cairan berlebih pada saluran kemih, serta mencegah penumpukan bakteri di saluran kemih dan mengurangi risiko terinfeksi.

4. Menghilangkan Racun

Rambut jagung yang bersifat diuretik dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan dan racun pada tubuh. Mengingat sifatnya diuretik, rambut jagung dapat mencegah risiko penyakit kardiovaskuler dan infeksi saluran kemih.

5. Menjaga Gula Darah dan Kurangi Sakit Kepala

Rambut jagung bisa membantu mengatur produksi insulin dan meningkatkan daya tahan tubuh pada penderita diabetes 2. Selain itu, rambut jagung bisa membuang lemak yang terakumulasi di pembuluh darah sehingga kolesterol yang mengendap diateri bisa diurai.

Bagi pengidap diabetes 2, sifat antiinflamasi dan analgesik dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala kronis. Caranya dengan membuat rambut jagung menjadi seperti teh.

Proses pembuatan teh dari rambut jagung sama seperti membuat teh pada umumnya. Rambut jagung dapat menghilangkan stres, meredakan ketegangan, mengurangi kekakuan di bahu, leher, dan rahang Anda.

6. Kaya Vitamin K dan Kaya Nutrisi

Selain vitamin C yang terkandung di dalamnya, rambut jagung juga kaya vitamin K. Vitamin K mampu meningkatkan kemampuan untuk membekukan darah. Proses pembekuan darah mencegah Anda kekurangan darah saat terjadi cedera.

Rambut jagung juga merupakan sumber beta-karoten, riboflavin, mentol, timol, selenium, dan niasin. Nutrisi tersebut baik dan penting bagi kebutuhan tubuh. Nutrisi ini tidak tersedia di semua makanan nabati.

7. Mengobati Ruam dan Obesitas

Banyak sekali masalah kulit yang bisa Anda alamai. Salah satunya adalah menyembuhkan ruam disebabkan oleh gigitan serangga yang dapat membuat kulit Anda gatal dan sakit.

Antibakteri dan antiseptik yang terkandung di rambut jagung dapat mencegah infeksi pada kulit tubuh Anda. Rambut jagung juga bermanfaat melawan obesitas. Rambut jagung bersifat diuretik dapat mengeluarkan racun dari tubuh dengan meningkatkan pembentukan urin dan menghilangkan kelebihan cairan di dalam tubuh.

8. Mengatasi Nyeri Sendi

Nyeri sendi adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang. Nyeri sendi menyebabkan pergerakan menjadi terganggu dalam beraktivitas.

Sifat antiinflamasi dan basa sangat baik untuk pengobatan nyeri sendi. Dengan mengonsumsi teh rambut jagung dapat mengurangi tingkat keasaman tubuh dan reaksi inflamasi. (BBR)


Penulis  : -

Editor    : Kasmir

Sumber : Bola.com