Tips Membeli Laptop untuk Belajar Daring

Admin
Tips Membeli Laptop untuk Belajar Daring

BABELREVIEW.CO.ID - Pandemi Covid-19 mengharuskan siswa untuk melakukan aktivitas belajar dari rumah. Penerapan metode belajar daring ini tentu membawa banyak perubahan, salah satunya adalah kebutuhan untuk belajar. Pelajar saat ini membutuhkan laptop untuk belajar daring yang bagus dan berkualitas.

Banyaknya pilihan tipe laptop membuat orang tua seringkali merasa kesulitan untuk menemukan laptop yang tepat. Tentu pembelian perangkat ini juga tidak boleh dilakukan asal-asalan. Jenis laptop yang dipilih harus bisa memfasilitasi kegiatan belajar dengan optimal.

Kali ini akan dibagikan tips-tips yang bisa membantu Anda memilih produk laptop yang cocok untuk belajar daring. Tips-tips ini nanti bisa diterapkan supaya tidak sampai salah beli laptop.

7 Tips Membeli Laptop untuk Belajar Daring

Semakin banyaknya pilihan produk laptop yang beredar di pasaran, terkadang membuat Anda sulit menentukan pilihan. Tentunya untuk jenis laptop yang dipakai belajar daring harus dipilih dengan cermat. Berikut adalah tips pembelian laptop yang akan digunakan belajar secara daring.

 

  • Tetapkan Budget

 

Sebelum berburu laptop, sangat penting untuk menetapkan budget yang akan digunakan. Langkah ini berhubungan erat dengan pengaturan finansial Anda. Selain itu penetapan bujet juga penting karena mempermudah Anda menentukan pilihan laptop yang akan dibeli. Setelah tahu berapa banyak budget yang tersedia maka berikutnya Anda bisa langsung cari referensi pilihan laptop yang cocok. Buat daftar tipe laptop apa saja yang harganya sesuai dengan budget tersebut. 

 

  • Pilih Sistem Operasi yang Tepat

 

Perhatikan jenis sistem operasi yang dipakai dalam produk laptop. Ada beberapa jenis sistem operasi yang saat ini digunakan. Salah satunya adalah Windows yang memang direkomendasikan untuk jenis laptop pelajar. Sistem operasi ini dinilai sangat cocok untuk kebutuhan belajar daring dan mengerjakan tugas 

Sistem operasi Windows bersifat fleksibel dan mudah untuk digunakan. Cocok untuk pemula atau orang yang masih belajar mengoperasikan laptop. Windows juga dinilai cocok untuk kebutuhan pemakaian standar seperti belajar, browsing, maupun mengerjakan tugas.

 

  • Perhatikan Fitur Kameranya

 

Salah satu cara memilih laptop untuk belajar daring adalah perhatikan fitur kamera yang ada pada laptop. Kegiatan belajar daring biasanya membutuhkan laptop dengan fitur kamera yang bagus. Biasanya akan ada banyak kelas zoom yang harus dijalani oleh pelajar.

Dengan adanya fitur kamera yang berkualitas maka pelajar bisa mengikuti sesi kelas online dengan lebih nyaman. Selain itu pastikan juga kelengkapan fitur kameranya bagus. Meskipun biasanya kamera laptop berkualitas standar, namun sekarang sudah ada banyak pilihan laptop dengan fitur kamera memuaskan 

 

  • Cek Kapasitas RAM

 

Hal berikutnya yang penting untuk dilakukan ketika memilih laptop untuk belajar daring adalah cek kapasitas RAM-nya. Jenis laptop yang akan digunakan untuk belajar daring sebenarnya tidak butuh spesifikasi yang terlalu tinggi. Apalagi jika laptop akan digunakan oleh anak-anak yang masih belum membutuhkan laptop canggih.

Karena aktivitas belajar daring tergolong ringan, maka pilihlah laptop dengan RAM yang tidak terlalu besar. Laptop RAM 8 GB saja sudah dirasa cukup untuk pelajar. Namun jika memang ingin menggunakan laptop untuk pemakaian jangka panjang maka beli saja perangkat RAM 16 GB sekalian.

 

  • Lihat Desainnya

 

Desain laptop juga perlu diperhatikan. Apalagi jika laptop akan digunakan oleh pelajar yang biasanya sangat mementingkan tampilan luar. Pilihlah jenis laptop yang memiliki desain simpel sesuai dengan karakter anak atau pelajar.

Sangat disarankan untuk memilih jenis laptop yang desainnya tipis dan tidak terlalu berat. Hal ini dibutuhkan agar siswa nantinya bisa membawa laptop kemana saja dengan mudah. Apalagi jika suatu saat dibutuhkan untuk dibawa ke sekolah maka laptop yang tipis akan lebih praktis untuk dibawa.

 

  • Perhatikan Kelebihan Lainnya

 

Brand laptop pasti akan selalu berusaha menghadirkan produk yang unggul dan punya banyak kelebihan. Itulah mengapa penting untuk mencari tahu kelebihan apa saja yang ditawarkan oleh sebuah perangkat laptop. Kelebihan fitur ini tentu harus dipertimbangkan agar bisa mengoptimalkan proses belajar siswa.

Misalnya, saat ini ada banyak produk laptop yang mengusung teknologi touchscreen. Coba saja gunakan jenis produk laptop ini agar siswa bisa belajar dengan nyaman dan lebih fleksibel. Namun tetap pikirkan baik-baik dan sesuaikan dengan ketersediaan budget.

 

  • Beli di Tempat yang Tepat

 

Pastikan Anda membeli laptop di tempat yang tepat. Pembelian laptop saat ini bisa dilakukan online maupun offline. Jika memang harus membeli online maka selalu pastikan produk yang dibeli berkualitas dan asli. Jangan ragu juga untuk membandingkan harga agar bisa memperoleh penawaran terbaik. Pastinya Anda tidak ingin kecewa setelah membeli tapi ternyata tidak sesuai harapan.

Beli Laptop Terbaik di Sini!

Laptop berkualitas terbaik yang cocok untuk belajar daring bisa diperoleh di Blibli.com. Ada banyak pilihan yang bisa Anda cek satu per satu. Salah satu rekomendasi laptop untuk belajar daring adalah laptop keluaran Acer. Produk Acer menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan laptop untuk keperluan belajar daring.

Blibli.com menawarkan banyak tipe produk laptop keluaran Acer dengan kualitas asli. Pembelian laptop di Blibli.com pun akan terjamin aman dan penawaran harganya juga paling bersahabat. Jangan ragu untuk memilih dan membeli produk laptop berkualitas terbaik dari Blibli.com.

Pastikan Anda menerapkan tips-tips membeli laptop untuk belajar daring yang sudah dibahas di sini. Usahakan untuk cermat memilih sebelum membuat keputusan. Cari referensi sebanyak-banyaknya agar bisa semakin yakin memilih produk laptop yang tepat.