Tips Memilih Pinjaman Online Terbaik Untuk Pemula

Admin
Tips Memilih Pinjaman Online Terbaik Untuk Pemula

Babelreview.co.id - Meski sebagai pemula, tidak ada salahnya mengajukan pinjaman online di perusahaan pinjaman online dengan kualitas yang terbaik. Sangat disarankan untuk tidak mudah tergiur dengan penawaran pinjaman online, terutama yang tanpa syarat. Hal ini ditakutkan bukannya mendapatkan pinjaman tetapi malah menjadi korban penipuan.

Sebagai pemula diharuskan untuk tetap kritis sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online di salah satu perusahaan. Kenali keuntungan dan juga risiko yang nantinya akan dirasakan. Pastikan juga jumlah pinjaman yang diajukan sesuai dengan penghasilan per bulan supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Inilah tips memilih pinjaman online terbaik untuk pemula:

  1. Terdaftar di OJK

Hal yang paling utama ketika memilih pinjaman online adalah penyedia pinjaman online terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini berkaitan dengan legalitas. Terdaftar di OJK berarti penyedia pinjaman online sudah legal dan bisa dipercaya. OJK sebagai lembaga pengawas memiliki daftar penyedia jasa pinjaman online. Calon debitur patut curiga dan hindari apabila ada perusahaan pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK.

  1. Biaya Transparan

Biaya juga harus diperhatikan oleh calon debitur. Biaya yang dibebankan harus jelas dan transparan, seperti besaran bunga yang harus dibayar, jangka waktu pinjaman dan biaya lainnya. Semua informasi tentang biaya harus terpampang di website resmi penyedia pinjaman online, sehingga calon debitur dapat melihat dan menjadi bahan pertimbangan.

Apabila informasi tentang biaya yang akan dibebankan tidak tersedia di website, maka calon debitur perlu mengulik lebih dalam. Salah satu caranya dengan menanyakan langsung kepada pihak pemberi pinjaman online tersebut.

  1. Syarat Mudah dan Logis

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih pinjaman online adalah persyaratan. Pastikan bahwa persyaratan lebih mudah dibanding dengan pinjaman atau kredit konvensional. Beberapa penyedia pinjaman online hanya memberikan syarat berupa KTP dan pas foto kepada calon debiturnya.

Namun, beberapa penyedia pinjaman online membebankan syarat yang cukup berat seperti KTP, pas foto, kartu keluarga dan rekening listrik. Bahkan ada yang meminta NPWP dan SIUP bagi calon debitur berupa pengusaha.

  1. Memiliki Website Resmi dan Aman

Namanya pinjaman online berarti semua informasi harus tersedia secara online yakni tersedia di website resmi. Keberadaan website ini akan menjadi patokan bagi calon debitur. Website harus menyediakan berbagai macam informasi yang dibutuhkan dengan cukup jelas. Informasi yang harus ada meliputi jenis produk, kontak yang bisa dihubungi baik melalui nomor telepon maupun email dan alamat yang dapat dikunjungi oleh calon debitur.

Selain website resmi, calon debitur juga perlu memperhatikan keamanan data yang akan diberikan. Penyedia pinjaman online yang telah terdaftar di OJK biasanya sudah melakukan berbagai langkah antisipasi untuk melindungi data debitur, seperti telah lolos audit dan sertifikasi ISO berkaitan dengan keamanan teknologi informasi.

  1. Memiliki Kontak Jelas

Tips memilih pinjaman online selanjutnya adalah adanya kontak yang jelas. Kontak ini akan sangat membantu calon debitur untuk memperoleh informasi dan menyampaikan keluhan. Kontak yang dimaksud di sini mulai dari nomor customer service, nomor kantor pusat dan kantor cabang terdekat.

Apabila tidak ditemukan kontak di halaman website resminya, maka calon debitur sebaiknya tidak memilih dan mengajukan pinjaman online ke penyedia layanan tersebut. Hal ini berkaitan dengan mengurangi risiko dari hal yang tidak diharapkan.

Itulah beberapa tips agar bisa memilih pinjaman online yang terbaik. Bagi Anda yang sedang mencari pinjaman online terbaik direkomendasikan untuk memilih Tunaiku. Platform ini sudah terdaftar secara resmi di OJK sehingga semua kegiatannya berada dibawah pengawasan OJK. Berada dibawah pengawasan OJK berarti keamanannya sangat terjamin.

Proses pengajuan hingga pencairan dana pinjaman online bisa dilakukan dengan mudah dan cepat asalkan semua syarat yang diminta sudah terpenuhi. Pengajuan pinjaman yang disetujui nantinya akan langsung ditransfer di rekening peminjam. Dengan syarat dan mekanisme yang mudah, Tunaiku sangat bisa diandalkan bagi Anda yang membutuhkan dana dalam waktu yang mendesak.