Tolooong! 400 Hektar Sawah Desa Rias Kritis

Admin
Tolooong! 400 Hektar Sawah Desa Rias Kritis
foto:andre

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Kekeringan di area persawahan desa Rias, Kecamatan Toboali membuat Pemdes setempat mengumpulkan kelompok tani guna mencari solusi atas permasalahan tersebut.

 Kepala Desa Rias, Gani mengatakan,kami sudah memanggil 19 Poktan yang ada di Desa Rias untuk berkoordinasi mencari solusi terkait permasalahan kekeringan areal sawah.

" Berdasarkan keterangan ketua Gapoktan dan survei lapangan, ada seluar 600 hektar sawah sudah mengalami kekeringan, namun yang benar benar kering ada sebanyak 400 hektar, " imbuhnya pada sabtu (24/8/2019).

 Dikatakannya, hasil survei lapangan tadi kurang lebih sebanyak 400 hektar lahan sawah kritis karena kekeringan dan jika tidak di tanggulangi secepatnya kami khawatir akan gagal panen," katanya.

" Salah satu penyebab masalah sawah terancam gagal panen ini, karena petani terlambat melakukan tanam padi serentak sehingga sebelum panen masuk musim kemarau, " bebernya.

 Diakuinya, guna mengatasi kekeringan ini, Pemprov dan Pemkab sudah survei dan merealisasikan pengoptimalan pompa dari sumber air yang ada di kolong pumpung ke jaringan irigasi sekunder yang ada di areal persawahan.

"Pemerintah sudah ikut membantu dan sementara masih mengoptimalkan cara pengairan dengan mesin pompa air, " pungkasnya. (Andre/BBR)


Penulis  : Andre
Editor    : Ahada
Sumber : Babel Review