TPID Bangka Pantau Harga Jelang Puasa

kasmirudin
TPID Bangka Pantau Harga Jelang Puasa
Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bangka pemantauan harga serta ketersedian kebutuhan pokok dilapangan. (Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW -- Jelang bulan puasa dalam hitungan kurang satu bulan lagi, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bangka melakukan rapat koordinasi, Senin (23/4) di Kantor Bupati Bangka. Rakor ini sebagai upaya pengendalian kebutuhan pokok yang mengalami tren kenaikan jelang bukan puasa yang dapat menimbulkan gejolak di masyarakat.

Sekda Bangka Akhmad Mukhsin mengatakan, dinas terkait diharapkan untuk bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang tergabung di dalam TPID kabupaten Bangka guna melakukan monitoring dan pemantauan harga serta ketersedian kebutuhan pokok di lapangan hingga ke tingkat kecamatan, sebagai upaya menekan terjadinya gejolak kenaikan harga di pasaran.

“Harga barang kebutuhan pokok ini akan kita lakukan monitoring termasuk juga gas LPG pada saat menjelang memasuki bulan puasa dan Idul Fitri 1439 H,” katanya.

Dikatakan Mukhsin, ada perubahan aturan terhadap susunan organisasi TPID di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Sebelumnya ditingkat daerah Ketua TPID dijabat oleh Sekda, sedangkan saat ini berdasarkan aturan yang baru jabatan Ketua TPID ditempati bupati dan sekda sebagai ketua harian.

“TPID jelang bulan puasa ini harus intens melakukan pengumpulan data dan informasi perkembangan harga barang kebutuhan pokok dan penting, barang serta jasa, menyusun kebijakan sebagai upaya pengendalian inflasi di daerah,” katanya. (BBR)


Penulis :Irwan
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview