Tuding BST Kelurahan Opas Indah Tak Tepat Sasaran, Warga Akan Lapor Ke KPK

Ahada
Tuding BST Kelurahan Opas Indah Tak Tepat Sasaran, Warga Akan Lapor Ke KPK
Ilustrasi. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID--Warga Kelurahan Opas Indah berencana akan melaporkan Juni, Lurah Opas Indah, Kecamatan Tamansari, Kota Pangkalpinang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Sosial RI, lantaran dituding telah menyalurkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) tidak tepat sasaran.

Menurut warga, salah seorang yang terdaftar sebagai penerima BST bahkan ada yang berstatus ASN yang berdinas di Pemkot Pangkalpinang.

"Dalam daftar nama-nama warga penerima BST diketahui ada yang berstatus ASN, yakni si penerima pada nomor urut 39 berinisial W. Kacau sekali pendataannya sampai-sampai ada ASN yang terdaftar sebagai penerima BST," ujar Dony Yuono salah seorang perwakilan warga Opas Indah, kepada BBR, Sabtu (31/05/2020).

Dikatakan Dony, penerima atas nama warga berinisial W ini memang sudah dianulir oleh pihak Kantor Pos Pangkalpinang selaku petugas pembayar.

"Karena ada protes warga maka pihak Kantor Pos selaku petugas pembayar, menganulir yang bersangkutan," imbuh Dony.

Ia  menambahkan, jauh sebelum akan ada pembayaran BST di kelurahan, dirinya sudah memberitahu Lurah Joni agar nama warga penerima BST harus sesuai kategori yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Masih menurut Dony, selain terdapat nama seorang ASN, penyaluran BST di Opas Indah juga beraroma nepotisme.

"Ketua RT juga ada yang dapat yakni penerima nomor urut 7. Terus nomor 56, ini adik Ketua RT statusnya masih bujangan. Kemudian penerima nomor urut 116 juga adik kandung Ketua RT. Padahal selain mereka masih ada warga kita yang jauh lebih layak dibantu, kok kenapa tidak terdaftar sebagai penerima," ungkap Dony.

Dikatakan Dony, penyaluran dana BST di Opas Indah juga tak tepat sasaran lantaran warga yang sudah menerima bantuan seperti PKH masih terdaftar sebagai penerima BST.

"Mestinya kan tak boleh dobel. Kalau sudah terima PKH harusnya BST tak menerima lagi," ujar Dony.

Ketidak beresan penyaluran ini...

 

  • Halaman
  • 1
  • 2