Ucapkan Hari Tani Nasional, Bos PT BAA Berharap Petani Semakin Maju dan Sejahtera

Kasmirudin
Ucapkan Hari Tani Nasional, Bos PT BAA Berharap Petani Semakin Maju dan Sejahtera
Fidrianto. (Foto: Istimewa)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Tanggal 24 September merupakan Hari Tani Nasional yang ditetapkan sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 169 Tahun 1963. Tanggal tersebut dipilih, karena bertepatan dengan tanggal disahkannya Undang-Undang Nomor 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960).

Bagi Owner PT. Bangka Asindo Agri, Fidrianto, perayaan ke-60 Hari Tani Nasional menjadi momentum yang sangat berharga. Karena peran petani saat ini sangat dibutuhkan dalam menghadapi ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Sebagai pelaku usaha yang langsung berhubungan dengan para petani, dirinya berharap semoga para petani tetap semangat dan tangguh ditengah tekanan situasi ekonomi yang sulit akibat wabah pandemi Covid-19.

"Keadaan sekarang ini juga berimbas bagi para petani singkong yang bermitra dengan PT. BAA. Tetapi kami bersama petani bersyukur masih bisa bertahan dan berjalan, sementara banyak bidang ekonomi lainnya mengalami kesulitan dan bahkan ada yang berhenti sama sekali," ujarnya, Kamis (24/9/2020).

Fidrianto menegaskan, bahwa peran petani di masa pandemi saat ini sangat dibutuhkan. Karena hanya sektor pertanian yang bisa bertahan dalam kondisi apapun. Ia berpendapat jika para petani dan pelaku usaha di sektor pertanian harus kuat dan kreatif dalam menghadapi tekanan-tekanan ekonomi yang dialami saat ini.

Menurutnya, permintaan pasar di masyarakat saat ini mengalami penurunan yang sangat drastis dibandingkan sebelum adanya wabah pandemi Covid-19.

"Jadi bagi para petani harus tetap semangat, bertahan dengan kondisi yang ada. Harus bersiap-siap untuk meningkatkan produktivitas dengan inovasi dan efisiensi di lapangan guna menyongsong situasi yang akhirnya akan membaik," tuturnya.

Ia mengharapkan, agar petani dapat membuktikan jika dirinya merupakan bagian penting dalam dukungannya di sektor pangan lokal. Sehingga nantinya mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, dan akhirnya bisa bersinergi antara petani, industri dan pemerintah.

"Terima kasih saya sampaikan kepada semua petani yang ada di Indonesia yang telah tanpa lelah bekerja dalam memproduksi pangan. Semoga petani semakin maju dan sejahtera, tetap semangat dan tangguh para petani. Kita hadapi bersama kondisi dan situasi sulit yang menerpa bangsa kita dan dunia. Selamat Hari Tani Nasional!" tutupnya. (BBR)


Penulis : Ibnu Wasisto

Editor   : Kasmir