Ultah Pertama, RSIA Rona Pangkalpinang Gelar Talkshow dan USG Gratis

kasmirudin
Ultah Pertama, RSIA Rona Pangkalpinang Gelar Talkshow dan USG Gratis
Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Rona Pangkalpinang merayakan hari jadinya yang pertama yang dirayakan di RSIA Pangkalpinang, Sabtu (12/10/2019). (Foto: Diko)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Rona Pangkalpinang merayakan hari jadinya yang pertama yang dirayakan di RSIA Pangkalpinang, Sabtu  (12/10/2019).

Berbagai rangkaian kegiatan pun digelar mulai dari potong nasi tumpeng, talkshow bersama owner RSIA Rona, dr.H.M. Brizain, Sp.OG dan bidan Dara, serta USG gratis.

Dalam sambutannya Direktur Utama RSIA, dr. Restu Novianti, MM.Kes menjelaskan, RSIA awalnya dibangun pada tahun 2007. Namun belum berstatus rumah sakit, karena masih klinik bersalin yang dikelola oleh Dr.H.M. Brizain, Sp.OG,. Seiring berjalannya waktu dan kebutuhan masyarakat akhirnya tepat pada tanggal 10 Oktober 2018 lalu, klinik ini jadi naik status menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak.

"Selama dalam jangka waktu satu tahun ini, kami sudah mengambil bagian ikut berkontribusi membangun kesehatan khususnya meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak," jelasnya.

Untuk terus memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat Pangkalpinang, RSIA Rona juga ambil bagian dalam program Jampersal (Jaminan Persalinan) yang menjadi program kesehatan dari Pemerintah Kota Pangkalpinang, untuk menjamin kesehatan bagi Ibu dan anak.

"Kami juga bagian dari Jampersal yang merupakan suatu pelayanan kesehatan bagi Ibu dimasa kehamilan dan persalinan bagi masyarakat yang kurang mmpu, yang difasilitasi oleh Pemkot Pangkalpinang. Tak hanya itu kami juga berafiliasi dengan perusahaan-perusahaan dan bekerja sama dengan suransi kesehatan adMedika," ujarnya.

Bangunan rumah sakit yang tersusun atas tiga lantai ini, dilengkapi dengan fasilitas rawat jalan, rawat inap berbagai kelas, poliklinik, USG 4 dimensi, kamar operasi maupun kamar persalinan dan imunisasi serta Inkubator Bayi. Ada juga fasilitas UGD yang bisa dimanfaatkan bagi masyarakat umum dan keperluan darurat.

"Selain itu, kita juga memilih sumber daya kesehatan dokter spesialis kebidanan sebanyak 4 orang  yang terdiri dari tiga orang spesialis laki-laki dan satu perempuan.  Insya Allah dengan adanya fasilitas dan sarana kesehatan ini, kedepan akan terus kita tingkatkan guna membantu pelayanan kesehatan di Kota Pangkalpinang," ungkapnya.

Pada Kesempatan itu juga dr. Restu memperkenalkan program kebugaran kepada ibu-ihu hamil yakni Prenatal Yoga.

“Kami sudah mempunyai program kebugaraan untuk Ibu hamil dan sudah berjalan, yakni Prenatal Yoga, dengan adanya ini bisa membantu memperlancar kehamilan sampai proses melahirkan dengan rasa aman dan nyaman," katanya lagi.

Sementara dr. Brizain berharap rumah sakit yang berada di Jalan K.H Hasan Basri Sulaiman, Kelurahan Gedung Nasional, Kecamatan Taman sari ini, dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat, dengan fasilitas kesehatan maupun pelayanan yang dapat membantu perencanaan sebelum hamil hingga ada saat melahirkan maupun perawatan bayi.

"Dengan penjelasan ini kita harapkan ibu-ibu ini akan lebih siap dalam proses kehamilan, menghadapi, merencanakan kehamilan biar berjalan dengan baik dan bayi yang sehat, dengan Prenatal Yoga juga dapat mempersiapkan mental sang ibu," ungkapnya.

Ia berpesan kepada pasangan yang masih muda dan baru akan menjalani program kehamilan dapat mulai mengkonsultasikan diri ke bidan atau dokter agar terencana.

"Nanti disana bisa diberikan nasehat dan suplemen agar kehamilan bagus, selain itu jika diperlukan juga pemeriksaan laboratorium untuk memastikan atau melihat kondisi alat reproduksi dan lain-lain," sebutnya.

Puluhan ibu-ibu yang hadir pun nampak antusias mengikuti rangkaian perayaan anniversary tersebut apalagi mereka berkesempatan konsultasi langsung tentang seputar kehamilan dan persalinan di acara tersebut. (BBR)


Penulis  : Diko
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review