Umat Islam Dibolehkan Taraweh Berjamaah di Masjid,  Berikut Pesan Ketua DMI Babel

Kusuma Jaya
Umat Islam Dibolehkan Taraweh Berjamaah di Masjid,  Berikut Pesan Ketua DMI Babel
Ketua Umum Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Provinsi Bangka Belitung HM Rasyid. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Bulan puasa tinggal menghitung hari dan Ramadhan akan segera menghampiri.

Setiap muslim akan berlomba-lomba untuk meningkatkan amal ibadahnya, karena bulan Ramadhan lebih baik dari seribu bulan.

Untuk melaksanakan ibadah yang dimaksud terutama sholat tarawih dan ibadah lainnya, Ketua Umum Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Provinsi Bangka Belitung HM Rasyid Ridho mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tarawih dipersilahkan dilaksanakan di masjid dan mushollah, namun tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan,

"Insya Allah DMI Bangka Belitung mempersilahkan masyarakat melaksanakan ibadah tarawih di masjid-masjid dan mushollah-mushollah, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan", ujarnya kepada media ini Selasa (6/4/2021).

Hal ini dijelaskan Rasyid karena puasa tahun 2021 ini masih dalam suasana  wabah covid-19, yang saat ini belum hilang.

Rasyid menambahkan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 dalam suasana bulan Ramadhan, DMI Bangka Belitung menghimbau dan menganjurkan kepada semua pengurus Dewan Kemakmuran Masjid, DKM Mushollah untuk membentuk Tim Relawan Siaga Ramadhan.

Ditambahkannya bahwa tugas dari  Team Relawan Siaga Ramadhan mengemban beberapa tugas pokok, diantara menyiapkan siaga sanitasi,  menyiapkan hand sanitizer disetiap pintu masuk, membersihkan karpet-karpet masjid dan  menyemprotkannya dengan cairan disinfektan, mengepel lantai minimal dua kali sehari dengan menggunakan sanitizer, rajin membersihka toilet dan menggunakan masker.

Selain itu, kata Rasyid, setiap masjid harus memantau prokes di masjid,  mengatur  proses penerimaan dan penyaluralan zakat, infaq dan sodaqoh.

Dalam pelaksanaan ibadah selama bulan ramadhan team relawan siaga juga mengatur segala pelaksanaan ibadah di masjid maupun musholah.

"Dengan mematuhi segala protokol kesehatan,  kita sama-sama berdoa agar pelaksanaan Ramadhan tahun ini akan lebih baik, lebih khusu' dan dalam lindungan Allah Swt. Sehingga virus yang diturunkan segera hilang. Semoga Allah mengampuni segala salah, dosa dan khilaf kita, Aamiin," harap Rasyid. (*/BBR)
Laporan: mangkulul