UMKM Babel Menuju Era Digital

Admin
UMKM Babel Menuju Era Digital
Foto:Dok pribadi Reza

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus berinovasi untuk pemasaran produk UMKM. Kali ini dengan menggunakan aplikasi mobile.

Kegiatan sosialisasi aplikasi mobile platform produk UMKM 2018 ini, dilaksanakan di Hotel Green Tropical Village Belitung pada 27 Maret 2018. Sosialisasi dibuka dibuka Kabid Pemberdayaan Usaha Kecil, Ibu Hastuti,S.H,  yang diikuti oleh 100 peserta dari Belitung. Bidang Promosi Humas dan Publikasi Dekranasda Babel, Reza Reza Saputra menyampaikan terima kasihnya  kepada  peserta yang telah aktif  berpartisipasi pada sosialisasi ini.

Iamenekankan pentingnya sektor pemasaran digital sebagai salah satu penunjang promosi produk UMKM, karena melihat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Belitung sudah sangat tinggi. “Upaya kegiatan Sosialisasi Aplikasi Mobile Platform pemasaran produk UMKM mendapatkan respon yang bagus. Menurut data yang kami terima sejumlah 200 UMKM yang telah mendaftar membuat website informasi usaha termasuk data dari Kota Pangkalpinang dan sekitarnya,” ujar Reza.

Dalam pembiayaan Fitur dan maintenance website UMKM selama 1 Tahun,  Reza yang juga pimpinan PT. Laberkah Serumpun Sebalai menggandeng perusahaan dari Amerika (Brandpier.inc) dalam pembiayaan langganan website (paket elite) dengan subsidi bantuan senilai Rp.438,000,000 untuk jumlah kuota 200 UMKM @ Rp.2,190,000 per website UMKM.

 Dengan harapan UMKM Babel bisa fokus mendigitalisasi produknya. “Untuk biaya nama domain website (.com) Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah menganggarkan pembelian nama domain sebanyak 200 nama domain untuk 200 UMKM.

Sehingga bisa saling bersinergi dalam membantu UMKM Bangka Belitung menuju Smart City, Smart Business,” tukasnya. Reza meyakini melalui sosialisasi aplikasi mobile platform Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Babel mampu menciptakan sistem promosi yang akurat dan tepat sasaran dalam penjualan produk ke tingkat nasionalDitambahkannya, bahwa program Gubernur Babael tentang aplikasi BANTUKU yang menggagas program Lalaper, Lamuter, Lapinter, Laseger, Latuker, Labener dan Laanter akan segera dijalankan pertengahan 2018 ini dan sangat tepat disandingkan dengan Dinas Komunikasi Informatika dan kegiatan sosialisasi dari Dinas Koperasi dan UKM.

“Pada bulan Juli 2018 nanti, saya akan menghadiri konferensi internasional di India dalam rangka menguatkan kerja sama di bidang digital dan promosi UMKM,” imbuhnya. Reza berharap, masyarakat Babel khususnya sektor UMKM untuk bersabar menunggu jalannya program ini. Karena masih dalam tahap sosialisasi, insya Allah pertengahan 2018 ini sudahbisa dilaunching bersama. “Saat ini masih dalam tahap sosialisasi.

Untuk itu saya meminta kepada masyarakat untuk bersabar menunggu program ini berjalan. Mudah-mudahan pertengahan 2018 nanti, sudah bisa kita launching bersama,” pintanya. Terpisah, Ketua Dekranasda Bangka Belitung, Hj.

Melati Erzaldi mengajak semua UMKM Bangka Belitung untuk turut berpartisipasi dan bersinergi dalam program Pemerintah menuju SmartCity, Smart Business. “Saya mengajak semua pelaku UMKM di Bangka Belitung, agar dapat berpartisipasi serta bersinergi dalam program pemerintah smart city, smart business,” ajaknya. (BBR)


Penulis :Reza
Editor   :Kamir
Sumber :Babelreview