UMKM Solusi Baru Tingkatkan Perekonomian

Admin
UMKM Solusi Baru Tingkatkan Perekonomian
Foto:Andre

BANGKA SELATAN, BABEL REVIEW -- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM memfokuskan pada program mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tahun 2019.

Pengembangan UMKM didasari berkat banyaknya event pariwisata dan mulai dibangunnya beberapa Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) di beberapa destinasi wisata yang ada di Negeri Junjung Besaoh. "Munculnya UMKM yang ada menjadi solusi baru guna meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di Bangka Selatan," jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Bangka Selatan, Basu Priatna. Untuk itu, lanjut Basu, Pemkab Basel sudah selayaknya mendukung setiap pengembangan UMKM mulai dari produksi, pemasaran, kemasan, serta legalitas.

Menurutnya, Pemkab Basel fokus pada event lokal maupun nasional guna pengembangan pariwisata dan menarik wisatawan ke Basel. Event-event yang ter selenggara ini sangat membantu dalam pengembangan UMKM terutama dalam bidang pemasaran. "Pembangunan Pujasera di beberapa tempat pariwisata seperti di Pantai Batu Kapur dan wisata mangrove Tukak diharapkan dapat memberdayakan pelaku UMKM yang ada di Basel," katanya kepada Babel Review.

Menurut Basu,  Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM kedepannya akan berkoordinasi dengan Disperindag guna membahas pemanfaatan Pujasera untuk pengembangan UMKM yang ada. Tidak hanya UMKM yang sudah berdiri, Pemkab juga sangat terbuka untuk membantu masyarakat yang baru membangun usahanya.

"Masyarakat mulai meyakini bahwa industri UMKM menjadi solusi perekonomian selain berkebun. Tentunya Pemkab Basel sangat terbuka sekali bila ada masyarakat yang mulai berwirausaha dan berkeinginan mengembangkan usahanya," tutupnya. (BBR)


Penulis  : Andre                                       
Editor    : Sanjay
Sumber  :Babel Review