Unjuk Kreativitas, Puluhan Siswa Meriahkan Sugar Rush Festival 64 HUT SMAN 1 Pangkalpinang

Irwan
Unjuk Kreativitas, Puluhan Siswa Meriahkan Sugar Rush Festival 64 HUT SMAN 1 Pangkalpinang

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Siswa-siswi SMA Negeri 1 Pangkalpinang beradu kreativitas dalam aneka lomba dan pentas seni dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) SMA Negeri 1 Pangkalpinang ke-64 yang digelar mulai 21 hingga 25 November 2022.

Dalam seremoni pembukaan acara secara resmi pada Selasa (22/11/2022), Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil beserta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang turut hadir di Lapangan Sekolah SMA Negeri 1 Pangkalpinang guna membuka rangkaian acara bertajuk Sugar Rush Festival 64 tersebut.

"Kita sikapi siswa new generation ini sebagai kawan, lebih kepada teman, kita masuk ke dunia mereka supaya kita bisa mengarahkan mereka ke arah yang baik,” ujar Molen, sapaan akrab Wali Kota kepada awak media.

Menurutnya, SMA Negeri 1 Pangkalpinang yang populer dengan sebutan SMANSA sebagai sekolah terbaik se-Bangka Belitung telah melahirkan banyak alumni yang berkiprah di bidang Pemerintahan, BUMN, wirausaha dan lain-lain.

Berbagai lomba dipersiapkan panitia untuk meriahkan Sugar Rush Festival 64 baik untuk kalangan internal maupun eksternal dengan mengajak sekolah lain untuk berpartisipasi.

Mulai dari lomba video TikTok, pertandingan voli dan futsal, edufair, penampilan vocal, festival band hingga kompetisi e-sport. Tak hanya para siswa yang memeriahkan panggung, para guru dan staf pun berkesempatan unjuk kebolehan dalam beberapa kolaborasi maupun penampilan olah suara.

Bukan tanpa alasan, festival ini dirancang sedemikian rupa guna memberikan ruang berkreasi bagi siswa sebagai generasi yang ekspresif serta memperluas koneksi dengan sekolah lain. Panitia berkomitmen menjadikan SMANSA sebagai tolak ukur sekolah di Bangka Belitung.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pangkalpinang, Efri Rantos, S.Pd menyebut ulang tahun kali ini merupakan momentum untuk siswa dan siswi mengekspresikan apa yang telah direncanakan.

"Kita tahu SMA Negeri 1 Pangkalpinang ini sudah berumur 64 tahun, tentunya dalam proses yang telah berjalan telah beberapa kali melalui masa emas. Dengan ulang tahun ini saya sangat berharap sekali semakin terjalinnya kedekatan dengan alumni, kita perlu dukungan entah itu pemikiran dan materi. Mudah-mudahan dengan kerja sama guru dan alumni bisa mensukseskan masa gemilang yang akan datang," ujarnya.

Menyikapi beberapa isu kekerasan dan asusila di kalangan pelajar belakangan ini, Efri menekankan pentingnya antisipasi sejak dini terhadap perkumpulan di kalangan pelajar.

“Saya merasa sedih di jaman sekarang masih ada kejadian seperti itu, namun yang paling penting kita semua harus bisa membaca situasi dan kondisi. Kejahatan itu terjadi tidak secara spontan tapi pasti ada perencanaan. Kami sudah berupaya mengantispasi terjadinya kejahatan. Saya mendukung adanya jam malam dengan melibatkan Satpol PP, Kepolisian serta Fokopimda dan dunia Pendidikan yang sama. Bukan hanya tawuran, apa yang terjadi akhir-akhir ini seperti open BO dapat dicegah dengan adanya jam malam,” ungkap Efri. (BBR)

Laporan & Foto : M. Aria