Upaya Atasi Banjir, Gubernur Tanami 12 Ribu Pohon di Gunung Mangkol

kasmirudin
Upaya Atasi Banjir, Gubernur Tanami 12 Ribu Pohon di Gunung Mangkol
TANAM POHON - Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama masyarakat menanam pohon dan pelepasan burung sebagai langkah penghijauan di Gunung Mangkol, Sabtu pagi (12/05/2018). (foto:Diko)

PANGKALANBARU, BABELREVIEW -- Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan bersama Yayasan Gunung Mangkol, masyarakat serta anggota Pramuka melaksanakan kegiatan penghijauan dan pelepasan burung di Gunung Mangkol, Sabtu (12/3) pagi.

Kendati diguyur hujan, tak menyurutkan niat orang nomor satu di Babel ini untuk dapat bersama-sama menanam pohon demi pelestarian Gunung Mangkol.

Dikatakan gubernur, bahwa pelestarian Gunung Mangkol dapat menjadi solusi untuk mengatasi Banjir yang kerap terjadi Di Pangkalpinang saat musim hujan.

"Jadi kegiatan ini adalah kegiatan penghijauan yang kita lakukan bersama dengan pengurus Yayasan Gunung Mangkol sebagai upaya menghindari banjir, sesuai dengan rencana pengurus Yayasan Gunung mangkol yang saat ini mereka sudah diserahkan sebagai kepengurusan Tahurah Gunung Mangkol," ujar Erzaldi.

Gerakan penghijauan ini juga dilaksanakan bersamaan dengan pelepasan burung yang turut melibatkan masyarakat, pemilik kebun Yayasan Budha Bhakti dan kelompok Pramuka.

"Dalam tahap pertama ini kita melakukan penanaman kurang lebih sebanyak 12 ribu pohon di lokasi, yang kebetulan tadinya kebun lada yang merupakan bagian daripada pembinaaan Yayasan Gunung Mangkol," kata Erzaldi.

Agar pelestarian Gunung mangkol ini dapat terus berlanjut, Erzaldi menambahkan akan terus berusaha memberikan pengertian kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian Gunung Mangkol ini.

"Kita akan terus berusaha menjelaskan kepada masyarakat bahwa tahurah Mangkol ini memang harus terus kita lestarikan. Kita juga telah melakukan pelantikan Ranger yang akan jadi volunteers yang bertugas membangun suatu kesepakatan dan mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya pelestarian Gunung Mangkol. Karena jika tidak dilestarikan dan tidak ditanam banjir di Pangkalpinang akan terus terjadi," imbuhnya.

Untuk itu, Gubernur mengharapkan dukungan dari masyarakat untuk sama-sama membangun dan menanam demi lestarinya Gunung Mangkol.

"Dengan kesadaran dari kita semua serta hadirnya Yayasan Bukit Mangkol ini, kita mengharapkan masyarakat semakin peduli dengan pelestarian Bukit mangkol sekaligus bagi para penambang ilegal pun dapat menyadari ini. Karena kita akan bertindak tegas bagi para penambang ilegal yang masih menambang di wilayah ini, apalagi Polisi Kehutanan kita untuk tahun ini juga sudah memperkarakan dua penambang ilegal di Gunung Mangkol ini. Jadi jangan coba-coba untuk merambah Gunung Mangkol lagi, karena sayang usaha besar yang telah kita lakukan jika masih ada yang merusaknya," tandas mantan bupati Bangka Tengah ini.(BBR)


Penulis :Diko
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview