Update Covid-19 Babel : 28 Positif Covid-19, Mayoritas Dari Cluster Kapal BUMN

diko subadya
Update Covid-19 Babel : 28 Positif Covid-19, Mayoritas Dari Cluster Kapal BUMN
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Bangka Belitung (Babel) Bidang Kesehatan Mulyono (Foto Ist)

* Hari Ini 7 Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Cluster Kapal BUMN, 6 ABK dan 1 Kru Darat.

* Bangka Tengah 1 Pasien Covid-19

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung (GTPPC-19 Babel) kembali mengumumkan penambahan pasien terkonfirmasi positif Corona Virus (Covid-19) berdasarkan data yang diterima dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang per tanggal 5 Mei 2020.

Disampaikan Juru bicara informasi medis GTPPC-19 Babel drg. Mulyono Susanto, ada sebanyak 8 kasus penambahan kasus Covid-19 di Babel yang berasal dari dua kabupaten yakni satu kasus di Bangka Tengah dan tujuh di Bangka Barat. Terhitung hari ini, data kasus Covid-19 sudah mencapai 28 kasus.

"Ya, ada 8 pasien terkonfirmasi positif. Satu di Bangka Tengah saat ini sudah dirawat di LPMP. Kemudian 7 dari Bangka Barat di antaranya enam ABK (Anak Buah Kapal) BUMN dan satunya lagi warga Muntok Bangka Barat namun sering kontak dengan ABK (kru darat)," paparnya pada jumpa pers, Selasa sore (5/5/2020).

Ia mengungkapkan, dari tujuh ABK tersebut, enam diantaranya akan dikirim ke wisma karantina Gedung Diklat Provinsi Babel, satu ABK (kru darat) akan dirawat di Bangka Barat.

"Ini (tujuh ABK-red) masuk clusternya industri BUMN, dan satu warga Bangka Tengah itu sekarang ada di LPMP. Jadi kalau ABK BUMN terkonfirmasi positif di Babel sekarang ada 15 orang," urainya.

"Sembilan orang ini terpapar dari pasien sebelumnya, sedangkan yang di Bateng ini terpapar setelah pulang dari luar daerah, dan sudah dikarantina di Gedung LPMP Babel," ujarnya. 

Sebanyak 8 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini, menambah jumlah pasien sebelumnya yakni 20 orang menjadi 28 orang, dengan penyebaran di Bangka Barat sebanyak 15 orang, di Bangka Tengah satu orang, di Bangka tiga orang, Pangkalpinang sebanyak tiga orang, Bangka Selatan sebanyak dua orang dan Belitung sebanyak empat orang. 

"Saat ini petugas lapangan terus melakukan tracking untuk memutuskan rantai penyebaran, terutama mereka yang kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini," imbuhnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan update informasi perkembangan Covid-19 di Babel hari ini hingga pukul 15.00 WIB, yakni untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 1.007 dimana dalam proses pemantauan ada 479 orang.

"Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) kini berjumlah 982 dimana 39 diantaranya dalam proses pemantauan. Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 75 dan dalam proses pengawasan ada tujuh," terangnya.

Lebih lanjut, Mulyono mengungkapkan, pihaknya telah melakukan test swab, namun hingga pukul 15.00 WIB, belum ada hasil yang masuk dan melakukan tiga rapid test dengan tidak ada hasil yang dinyatakan reaktif.

"Untuk akumulasi hingga hari ini di Klinik Kesehatan Provinsi telah melakukan test swab sebanyak 131 sampel dan untuk rapid test sebanyak 431, dimana 34 dinyatakan Reaktif," ungkapnya.

Kemudian, diutarakan dia, untuk kegiatan di wisma karantina Covid-19, jumlah penghuni sekarang ada 23 dengan rincian, OTG 8 orang, ODP 3, dan terkonfirmasi positif 12 orang. 

"Tapi rencananya malam ini ada 6 tambahan penghuni di wisma karantina yang merupakan pasien positif cluster kapal BUMN, sementara yang satunya lagi di karantina di Pemkab Babar," demikian Mulyono. (*/BBR)


Laporan Diko Subadya