Update Covid-19 Babel: Ada 171 Kasus, Sembuh 136, Dua Meninggal Dunia

kasmirudin
Update Covid-19 Babel: Ada 171 Kasus, Sembuh 136, Dua Meninggal Dunia
ilustrasi.

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Provinsi Bangka Belitung (Babel) kembali menyampaikan adanya penambahan dua kasus pasien positif Covid-19, Selasa (7/7/2020).

Hal tersebut disampaikan juru bicara GTPPC-19 Babel, Andi Budi Prayitno bahwa dua kasus tambahan ini berasal dari Kota Pangkalpinang.

"Kami informasikan bahwa setelah kemarin enam orang dinyatakan positif Covid-19, hari ini dua orang di Kota Pangkalpinang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19," katanya.

Andi mengungkapkan, dua orang yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut yakni A-L (27) jenis kelamin perempuan, OTG, beralamat di Jalan Delima III, Taman Bunga, Kecamatan Gerunggang, Pangkalpinang.

Berdasarkan riwayat yang bersangkutan terpapar dari R-L, orang yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19, yang merupakan kontak erat L-I, orang yang lebih dulu terkonfirmasi Covid-19. Diketahui bahwa A-L merupakan anak dari R-L.

Kedua yakni, I-Z (20) jenis kelamin perempuan, OTG, beralamat di Jalan Delima III, Taman Bunga, Kecamatan Gerunggang, Pangkalpinang.

Berdasarkan riwayat yang bersangkutan terpapar dari R-L, orang yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19, yang merupakan kontak erat L-I, orang yang juga sudah terkonfirmasi Covid-19. Diketahui bahwa I-Z adalah keponakan dari R-L.

“Dari hasil tes swab PCR pada 6 Juli 2020 keduanya dinyatakan positif Covid-19, dan langsung diisolasi dan menjalani penanganan di LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujar Andi.

Dengan adanya penambahan kasus ini, secara kumulatif kasus Covid-19 hingga saat ini mencapai 171. Dalam perawatan sebanyak 33 pasien, sementara yang dinyatakan sehat/bebas Covid-19 sebanyak 136 pasien serta dua pasien yang dinyatakan meninggal dunia.

Untuk sebaran kasus, per hari ini (7/7), kasus tertinggi terjadi di Kabupaten Bangka dengan jumlah sebanyak 58 kasus, lalu Pangkalpinang 49 kasus, Bangka Barat 22 kasus, Belitung 17 kasus, Bangka Tengah 14 kasus, Bangka Selatan 9 kasus dan 2 di Belitung Timur.

Andi mengingatkan, penambahan demi penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir di awal bulan Juli 2020 ini sudah sepatutnya menjadi "warning" dan perhatian bagi kita semua warga masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Tak terkecuali bagi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di kota/kabupaten untuk lebih responsif dan proaktif dalam melakukan pengendalian kasus terutama "skrining" atau deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19, seiring dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) menuju tatanan kehidupan baru yang produktif dan aman," jelasnya.

  • Halaman
  • 1
  • 2
  • 3