Update Covid-19 Babel : Bertambah 3 Pasien Positif, 1 Sembuh

kasmirudin
Update Covid-19 Babel : Bertambah 3 Pasien Positif, 1 Sembuh
Penyebaran Covid-19 di Babel. (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Bangka Belitung kembali bertambah. Hingga Senin (29/6) tercatat ada 3 kasus yang bertambah, selain satu penambahan kesembuhan pasien Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Babel Andi Budi Prayitno dalam laporan situasi dan perkembangan Covid-19 Babel.

Andi menyampaikan, tiga penambahan kasus positif ini berasal dari dua wilyah yakni dua di Pangkalpinang dan satu kasus di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng). Sementara pasien sembuh berasal dari Kabupaten Belitung.

"Dua warga positif di Pangkalpinang ini merupakan pasangan suami istri. Sang istri terpapar dari suami yang pernah kontak erat dengan pasien K, PDP (pasien dalam pengawasan) konfirmasi Covid-19. Satu dari Bangka Tengah yakni laki-laki (38), punya kontak erat juga dengan pasien K," jelasnya.

Dia juga menjelaskan, ketiga pasien baru ini sudah mendapatkan penanganan dan perawatan hingga sembuh di Wisma Karantina LPMP Babel.

"Kasus ini sudah ditangani oleh gugus tugas setempat, baik tracking maupun penyelidikan epidemiologi," jelasnya.

Sementara itu, pasien sembuh yakni S-D/pasien 965 (54), perempuan, beralamat di Jalan Bungur Besar, Gunung Sahari, Kemayoran, Jakarta Pusat, berdomisili di Jalan Sriwijaya Tanjung Pandan, Belitung.

"Sejak 23 Mei 2020 menjalani karantina di Ruang Isolasi RSUD dr H Marsidi Judono Tanjung Pandan, Belitung, dan dari swab test yang diambil pada 24 Juni 2020 diperoleh hasil negatif," ungkapnya.

Dengan adanya penambahan kasus positif dan sembuh, maka kumulatif kasus positif berjumlah 152 kasus (bertambah 3), dalam perawatan 18 pasien dan sembuh atau dinyatakan bebas Covid-19 ada 132 pasien.

"Detail sebarannya Pangkalpinang 36 kasus (bertambah 2), Bangka 57 kasus, Bangka Tengah 9 (bertambah 1), Bangka Barat 22, Bangka Selatan 9 kasus, Belitung 17 kasus dan Belitung Timur 2 kasus," ulasnya.

Dia juga menerangkan saat ini Orang tanpa Gejala (OTG) berjumlah 3047 orang (bertambah ️30), dalam proses pemantauan 414 (bertambah 15), selesai pemantauan 2633 (bertambah 15). Untuk jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 1.109 orang (bertambah 9), dalam proses pemantauan 34 (bertambah 8), selesai pemantauan 1.075 orang.

"Sementara PDP sebanyak 127 pasien (bertambah 2), dalam proses pengawasan 13 pasien (berkurang 4), selesai pengawasan: 110 pasien (bertambah 2). Untuk, kompilasi jumlah spesimen swab test (PCR/TCM) hingga saat ini sebanyak 1.799 (kemarin 1769) sampel yang diperiksa, dengan hasil positif 152 (kemarin 149), negatif 1.615 (kemarun 1.573) dan 32 sampel masih dalam proses pemeriksaan," paparnya.

Lebih lanjut, Andi mengingatkan agar masyarakat tidak lengah menyikapi Covid-19 di Babel, meskipun tingkat kesembuhan 80 persen. Namun masyarakat harus tetap waspada, mengingat penyebaran virus Corona di Babel, bukan lagi import Case tetapi sudah transmisi lokal.

"Sudah sepatutnya ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus menjaga soliditas dan merawat solidaritas dalam ikhtiar bersama memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 maupun kesiapsiagaan menanggulangi pandemi Covid-19 di Babel," imbuhnya.

Menurut Andi, kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan serta mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah salah satu kunci pencegahan agar diri sendiri keluarga, kerabat, dan orang-orang terdekat , serta masyarakat di Babel tidak terpapar Covid-19. "Jaga diri, jaga orang lain. Saling mengingatkan, saling menguatkan," demikian Andi. (BBR)


Penulis : Diko

Editor : Kasmir