Update Covid-19 Bangka : Sembuh 20, Positif 12, Total 4.554 Kasus

Irwan
Update Covid-19 Bangka : Sembuh 20, Positif 12, Total 4.554 Kasus
Boy Yandra

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka melaporkan adanya pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 20 orang, sedangkan penambahan kasus baru 12 orang.

Hingga hari ini Minggu 28 Maret 2021 masih ada 70 orang yang masih menjalani isolasi di tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah Kabupaten Bangka maupun di Wisma II Provinsi Bangka Belitung.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH menyampaikan jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi positif Covid-19 ada 2.280 orang, yang telah sembuh 2.179 orang dan yang meninggal dunia 31 orang.

Kemudian data kontak erat yang ada di Satgas Covid-19 Bangka ada 4.554 orang, suspek 1.500, suspect discarded 1.428, probable 1 orang dan masih menunggu hasil swab dari laboratorium Provinsi Bangka Belitung ada sebanyak 147 orang.

Dari 70 orang yang masih menjalani isolasi dan karantina, terbanyak dari Kecamatan Sungailiat 37 orang, Kecamatan Pemali 31 orang dan Kecamatan Mendo Barat 10 orang. Paparan Covid-19 di Kabupaten Bangka banyak dialami oleh jenis kelamin laki-laki.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap taat menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik dan benar, seperti memakai masker seketika berada di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir kemudian menjaga jarak antar sesama," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa untuk tingkat kesembuhan pasien dari paparan Covid-19 sebesar 95.57 persen. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat apabila seketika ada anggota keluarga atau tetangga yang mengalami sakit agar secepatnya melapor ke puskemas atau tempat pelayanan kesehatan terdekat.

"Hal itu harus dilakukan agar dapat dengan mempermudah petugas dalam memutuskan mata rantai penyebaran penularan wabah virus corona di tengah-tengah masyarakat. Hingga hari ini upaya yang dilakukan oleh Dinas BPBD Kabupaten Bangka terus melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar rumah pasien dengan radius 100 meter. Kami berharap di Kabupaten Bangka cepat kembali ke zona aman atau hijau," tukasnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan