Update Covid-19: Kabupaten Bangka Tambah 2 Pasien Positif dan 1 Dinyatakan Sembuh

Irwan
Update Covid-19: Kabupaten Bangka Tambah 2 Pasien Positif dan 1 Dinyatakan Sembuh
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra. Foto: Ibnu

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID – Kabupaten Bangka kembali mencatatkan adanya penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak dua kasus.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra, Sabtu (17/10/2020), ada penambahan pasien positif Covid-19 dengan inisial TS (42) dan QA (7) yang keduanya merupakan warga Desa Balun Ijuk, Merawang.

Sebelumnya kedua pasien mempunyai kategori riwayat kontak erat dengan MY dengan status transmisi imported case dan saat ini pasien sudah dilakukan karantina di Wisma Karantina Bangka Belitung.

Selain itu juga ada satu pasien dengan inisial GP (50) yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Saat ini kasus positif terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bangka berjumlah 126 orang, sembuh 115 jadi masih ada 11 orang yang masih dilakukan karantina. Dan hari ini yang dilakukan oleh Puskesmas Merawang adalah melakukan tracking, treasing dan treatment bagi masyarakat yang pernah kontak dengan pasien," terang Boy Yandra.

Sementara itu upaya yang dilakukan oleh BPBD Bangka yakni melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar rumah pasien dengan radius 100 meter.

Selain juga melakukan penegakan disiplin protokol Kesehatan Covid-19.

Sedangkan sanksi yang akan diberikan sesuai dengan Perbup Nomor 52 Tahun 2020 adalah bagi yang di tidak menggunakan akan diberikan sanksi sosial seperti push up, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menyapu.

Pemkab Bangka melalui Ketua Satgas Covid-19 membuat edaran bagi setiap OPD atau bagi siapapun yang masuk ke Bangka untuk langsung melakukan isolasi mandiri.

“Bagi masyarakat yang mempunyai keluhan atau sakit mendadak bisa langsung menghubungi PSC 119 Kabupaten Bangka dan nantinya akan dibawa ke rumah sakit Depati Bahrain Sungailiat, dan fasilitas yang diberikan ini semuanya gratis. Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap selalu mentaati protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah," pungkasnya. (BBR)

Penulis: Ibnu

Editor: Irwan