Usaha Kelapa Parut Mengeluh Pasokan Kelapa Tua Kian Menurun

Irwan
Usaha Kelapa Parut Mengeluh Pasokan Kelapa Tua Kian Menurun

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID — Pasokan kelapa tua untuk keperluan usaha santan untuk sasat ini dirasakan terus menurun. Terlebih di bulan Ramadan ini kelapa muda banyak dibutuhkan untuk usaha kuliner sehingga menambah berkurangnya hasil panen kelapa tua di Bangka.

“Kami melihat pengumpul kelapa muda cukup agresif mendatangi kediaman yang ada pohon kelapa untuk dibeli kelapa mudanya sehingga berdampak terhadap berkurangnya panen kelapa tua yang tetap dibutuhkan secara lokal untuk usaha santan dan bagi kami juga kelapa tua kami perlukan untuk pakan tambahan untuk hewan ternak seperti ayam dan enthok,” ujar Aan, pemilik kebun kelapa kepada Babelreview.co.id, Minggu (9/5/2021).

Terlebih, katanya, pohon kelapa sering diincar oleh pengumpul batang kelapa yang kemudian kepada pembuat bagan nelayan yang rusak akibat cuaca ekstrem sehingga tak sungkan-sungkan untuk menawarkan kepada pemiliki pohon kelapa agar mau menjualnya.

Namun kata Aan, karena pertimbangan ke depan melihat prospek buahnya dan harga yang ditawarkan tidak sepadan, maka tawaran tersebut kebanyakan ditolak.

“Kalau pohon kelapanya masih produktif berbuah kan sayang kalau ditebang untuk diambil batangnya karena buah kelapa tua dan kelapa muda tetap bisa menghasilkan uang karena tetap dibutuhkan banyak usaha santan dan kuliner,” terangnya.

Senada juga dikatakan Sonny, pemilik usaha santan kelapa di kecamatan pemali. Ia mengatakan, daerah ini terkadang kekurangan pasokan kelapatua lokal Bangka sehingga terpaksa memutar otak dengan mendatangkan kelapa tua dari sumsel meski untuk mewujudkan hal itu mesti gergabung dengan usahawan lainnya yang kemudian jumlah kelapanya dibangi walaupun tetap tak mencukupi untuk keperluan usaha santan di Bangka. 

“Alternatifnya kami terpaksa mendatangkan kelapa tua dari sumsel agar usaha santan tetap eksis untuk melayani kebutuhan konsumen di Bangka meski hal itu masihlah tidak mencukupi termasuk di bulan ramadan ini permintaan santan kelapa tua cukup banyak dibanding biasanya. Padahal, kelapa tua Bangka santannya cukup bagus sehingga kalau ada pasokannya selalu kami utamakan untuk dijual kepada konsumen karena kualitas santannya cukup bagus,” ungkap Sonny.

Laporan: Pras

Editor: Irwan