Usaha Tambak Udang Vaname Menggiurkan

Kasmirudin
Usaha Tambak Udang Vaname Menggiurkan
Usaha tambak udang di Kabupaten Bangka saat ini cukup menggiurkan. (Foto: Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Budidaya tambang udang di Kabupaten Bangka mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Karena usaha tambak udang ini sangat menggiurkan.

Namun, berkembang atau tidaknya usaha tambak udang ini dipengaruhi berbagai faktor terutama ekspor, yang dapat memberikan keuntungan bagi pelaku usaha tambak udang.

Kepala Bidang Pengelolaan Pembudidaya Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Ibnu Taufik Hidayat mengatakan, jika perkembangan budidaya tambak udang di Kabupaten Bangka mengalami kenaikan pesat sejak dua tahun ke belakang.

Saat ini ada sekira 529.88 hektare tambak udang vaname yang tersebar di seluruh Kabupaten Bangka, terbagi di antaranya berada di Kecamatan Belinyu, Riau Silip dan Kecamatan Sungailiat. Pada  awalnya usaha tambak udang yang ada dilakukan dengan produksi berskala kecil.

“Komoditas yang banyak dikembangkan di Kabupaten Bangka saat ini adalah jenis udang vaname, karena jenis vaname lebih mudah dibudidayakan dan resikonya kecil. Kami melihat jika udang jenis vaname ini bisa dibudidayakan dengan menggunakan air tawar atau payau, ini menjadi salah satu kehebatan maupun keunggulan udang vaname. Selain itu masa panennya juga lebih singkat dibandingkan jenis udang yang lainnya," jelas Ibnu Taufik Hidayat.

Ibnu Taufik Hidayat menuturkan, sudah ada beberapa perusahaan tambak udang yang telah memberikan perhatian baik kepada masyarakat sekitar maupun kepada pemerintah. Salah satunya dengan bantuan yang bersifat sosial kemanusiaan atau melalui dana CSR.

BACA: Dua Periode Memimpin, Justiar Noer Promosikan Bangka Selatan Lewat Pariwisata

"Jika menyangkut PAD, kami hanya pungut sebatas dengan ijin usaha perikanannya saja. Itu pun  dihitung dari setiap luasan yang ada dengan rumusan kalkulasi luas dikalikan satuan, maka akan muncul rupiah yang wajib dibayarkan oleh setiap pengusaha tambak udang. Sebenarnya juga ada ijin lainnya yang bisa diambil pajaknya seperti jual beli tetapi itu bukan ranah dari Dinas Perikanan," imbuhnya.

  • Halaman
  • 1
  • 2