Usai Jalani Karantina 14 Hari, 12 Pasien Dinyatakan Non Reaktif dan Dipulangkan

Ibnuwasisto
Usai Jalani Karantina 14 Hari, 12 Pasien Dinyatakan Non Reaktif dan Dipulangkan
Pemulangan 12 orang yang telah melakukan karantina selama 14 hari di GOR Sungailiat Bangka, Sabtu (25/4/2020). (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Setelah dilakukan pemantauan selama 14 hari di Gedung Olah Raga (GOR) Sungailiat di Jalan Pramuka Tambang 23, 12 pasien dipulangkan pada hari Sabtu malam 25 April 2020. Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Bangka, Boy Yandra SKM. MPH.

Dijelaskannya, jika kedua belas orang tersebut masuk ke Kabupaten Bangka pada tanggal 11 April dari Pontianak, dan langsung dimasukkan dalam kategori ODP.

"Dengan catatan rapid test pertama yang dilakukan pada tanggal 17 April untuk kedua belas orang tersebut hasilnya non reaktif. Dan pada tanggal 25 April hari ini jam 19:30 wib setelah dilakukan rapid test kembali hasilnya juga non reaktif. Kita berharap kepada masyarakat tidak bersikap diskriminasi kepada orang yang telah dilakukan pemantauan," ujarnya.

Menurut Boy Yandra, orang itu telah menjalankan pemantauan sesuai dengan SOP Kementerian Kesehatan dan SOP Covid. Jadi orang tersebut sudah tidak ada masalah dan tidak perlu dikucilkan.

"Marilah kita beri motivasi dan dukungan agar dapat beraktivitas kembali seperti biasa. Dan kedua belas orang ini akan mendapatkan sertifikat dari dinas kesehatan yang menyatakan sudah melakukan pemantauan selama 14 hari dalam keadaan sehat," imbuhnya.

Ditambahkannya, ODP, PDP maupun OTG itu hanyalah sebuah simbol yang belum masuk dalam kategori positif Covid-19.

"Mari berikan motivasi dan edukasi sehingga orang yang telah melakukan karantina atau isolasi mandiri dapat bersama-sama dengan masyarakat untuk melakukan kegiatan sehari-harinya," tandasnya. (BBR)


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review