VIDEO Lanal Babel Gelar Apel Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Pelabuhan

Irwan
VIDEO Lanal Babel Gelar Apel Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Pelabuhan
foto dan video :Irwans

 

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar apel bersama 12 instansi unsur maritim lainnya, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 melalui jalur laut di pelabuhan resmi maupun pelabuhan tikus, Kamis (28/5/2020) di Pangkalbalam.

Komandan Lanal Babel Letkol Laut (P) Dudik Kuswoyo dalam arahannya menyebutkan, jika ada empat pelabuhan besar yang harus dijaga dan 30 pelabuhan kecil yang harus diawasi. Mengingat Bangka Belitung  merupakan provinsi kepulauan yang dikelilingi laut, yang pastinya akan banyak pelabuhan tikus yang dapat digunakan untuk keluar masuk pulau.

Untuk pelabuhan tikus, petugas patroli terkendala transportasi dan alutsista sehingga sulit dijangkau dan kecolongan. Untuk itu, peran aktif Lurah, Camat, Kades, RT dan RW sangat diperlukan dalam mengawasi tamu dan warga yang keluar masuk lingkungannya sehingga penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir.

“Kalau saya menyebutkan pelabuhan tikus ditempat kita ada kurang lebih ada 25 hingga 30 itu akan diawasi namun kendala kita keterbatasan kendala transportasi atau pun alutsista patroli kita. kita berhak mencegah dan membatalkan penumpang, bila tidak sesuai dengan persyaratannya. termasuk melaksanakan swab dan lain lain,” jelas Dudik Kuswoyo.

Satgas Covid-19 Angkatan Laut ini, akan beroperasi selama sembilan puluh hari atau hingga  tiga bulan kedepan, yang diharapkan mampu mengoptimalkan upaya pemerintah dalam memerangi Covid-19. (BBR)