VIDEO Ratusan Massa Front Melayu Babel Bersatu Unjuk Rasa Tolak RUU HIP

Irwan
VIDEO Ratusan Massa Front Melayu Babel Bersatu Unjuk Rasa Tolak RUU HIP
Foto dan Video : Irwan

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - Ratusan massa yang tergabung dalam Front Melayu Bangka Belitung Bersatu melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Bangka Belitung menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), Jumat (3/7/2020).

Dalam orasinya massa menilai RUU Haluan Ideologi Pancasila dinilai telah mencederai ideologi bangsa. Dalam tuntutannya massa mendukung penuh maklumat Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menolak RUU HIP.

Sebelum menuju Gedung DPRD Babel, massa terlebih dahulu berkumpul di Lapangan Mandara Pangkalpinang usai sholat jumat. Pukul 15.00 WIB rombongan massa yang berasal dari berbagai daerah tiba di DPRD Babel dengan berbagai kendaraan membawa alat pengeras suara dan spanduk berisikan berbagai tuntutan.

Sebanyak 15 orang perwakilan massa akhirnya diterima oleh Pimpinan DPRD Babel dan sejumlah anggota di Ruang Rapat Badan Musyawarah. Koordinator Aksi Front Melayu Bangka Belitung Bersatu Ustaz Fakhrurazi menyampaikan lima poin tuntutan.

“Kami menolak RUU HIP dan menuntut penghentian pembahasannya. Kedua mendukung penuh MUI Pusat tentang penolakan RUU HIP. Ketiga menolak kriminalisasi ulama dan tokoh yang kritis terhadap pemerintah dalam rangka untuk membangun bangsa dan negara. Keempat menyerukan seluruh elemen bangsa untuk berjuang bersama melawan kebangkitan PKI dan ajaran komunisme, leninisme dan marxisme. Kelima mendesak DPRD Babel untuk mengeluarkan sikap resmi menolak RUU HIP,” terang Ustaz Fakhrurazi.

Sementara massa di luar Gedung DPRD Babel terus melakukan aksi unjuk rasa dengan menggelar orasi menyampaikan tuntutan dan mengumandangkan shalawat. Massa juga menyempatkan untuk menunaikan ibadah sholat ashar di jalan depan Gedung DPRD Babel.

Usai pertemuan dengan Pimpinan DPRD Babel, Ustaz Fahrurazi kepada massa menyampaikan hasil pertemuan. "Alhamdulillah dari sekian fraksi secara lisan ingin menyampaikan aspirasi ini ke pusat yang dibuktikan dengan beberapa fraksi tandatangan, ini sebagai bukti keseriusan mereka,” ujar Fakhrurazi di hadapan massa aksi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi mengatakan akan menindaklanjuti tuntutan massa Front Melayu Bangka Belitung Bersatu. Pihaknya juga akan membuat surat resmi kepada DPR RI agar RUU HIP dihentikan karena telah membuat kisruh dalam masyarakat.

"Insya Allah kami akan melanjutkan aspirasi ini dan saya telah memerintahkan Sekwan untuk membuat surat rekomendasi DPRD kepada DPR RI dan kami akan sampaikan langsung," kata Amri. (BBR)