VIDEO RSUP Ir Soekarno Terima Pasien Rujukan Suspect Virus Corona Usai Berkunjung ke Singapura

Irwan
VIDEO RSUP Ir Soekarno Terima Pasien Rujukan Suspect Virus Corona Usai Berkunjung ke Singapura
Foto dan video:Irwan

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID – Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Ir Soekarno Bangka Belitung tadi malam menerima satu orang pasien terindikasi terjangkit Covid-19 atau virus Novel Corona yang mematikan dan fenomenal.

Pasien ini merupakan rujukan dari Rumah Sakit Medika Stania di Kabupaten Bangka. Pasien pria berinisial ND (70) warga Sungailiat, Kabupaten Bangka ini dibawa ke RSUP sejak Minggu (16/2/2020) tengah malam. Pasien tiba dan dirawat secara intensif di ruang isolasi RSUP Soekarno Bangka Belitung.

Pasien saat dirawat di RS Media Stania terpaksa dirujuk ke RSUP karena patut diduga mengarah pada infeksi virus Covid-19. Pasien tersebut dirujuk ke RSUP yang memiliki peralatan dan petugas medis yang lebih lengkap.

Menurut keterangan Dokter Spesialis Paru RSUP Ir Soekarno dr Liyah Giovanni yang menangani pasien suspect Covid-19 ini menyatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan dan mengirim sample SWAP ke laboratorium Kementerian Kesehatan untuk memastikan apakah pasien ini terjangkit virus Novel Corona atau Covid-19 ini. Hasil dari uji laboratorium itu baru akan didapat pada empat hari mendatang.

“Dari rumah sakit swasta di Sungailiat kami dapat rujukan dengan mengarah kea rah Civid, jadi kita siapkan semuanya,” kata dr Liyah Giovanni.

Walaupun belum dinyatakan positif terjangkit Covid-19, pihak rumah sakit tetap mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dengan melakukan isolasi terhadap pasien terkait, serta mendata dan mengobservasi seluruh anggota keluarga pasien, serta orang-orang yang pernah berinteraksi dengan pasien.

“Untuk pasiennya sendiri memang gejalanya itu ada sesak nafas, ada batuk dan sebelumnya ada riwayat demam dan pasien enam hari sebelumnya ada riwayat perjalanan di Singapura setelah itu pasien mengalami keluhan yang tadi saya sampaikan,” jelasnya. (BBR)