Wabup Bangka : Pemerintah Dituntut Kerja Cepat dan Terukur

Kasmirudin
Wabup Bangka : Pemerintah Dituntut Kerja Cepat dan Terukur
Wakil Bupati Bangka, Syahbudin Sip, membuka kegiatan Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Bangka Tahun 2019 - 2023 di ruang OR Bina Praja lantai II Pemkab Bangka, Kamis (12/11/2020). (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Wakil Bupati Bangka, Syahbudin Sip, membuka kegiatan Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Bangka Tahun 2019 - 2023 di ruang OR Bina Praja lantai II Pemkab Bangka, Kamis (12/11/2020).

Syahbudin mengatakan, bahwa harus diketahui secara bersama-sama jika kebijakan nasional merupakan suatu hal yang bersifat dinamis. Kondisi saat ini mengharuskan pemerintah harus mengambil tindakan cepat dan terukur seperti dalam menangani wabah Covid-19.

Dengan adanya peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kualifikasi dan pelaku perencanaan pembangunan keuangan daerah yang kemudian disusul oleh Kementerian Dalam Negeri Nomor 050.357 tahun 2020 tentang hasil verifikasi, validitasi pemuktahiran klasifikasi oleh dedikasi perencanaan daerah mengharapkan pemerintah daerah mengambil langkah cepat dan terarah pada dokumen yang sudah disusun dan ditetapkan sebelumnya.

“Merujuk pada kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Bangka diharuskan melakukan perubahan dokumen perencanaan pembangunan salah satunya dokumen perencanaan daerah tahun 2019 - 2023. Perubahan RPJMD Kabupaten Bangka tahun 2019 - 2023 tidak menghilangkan dan merubah visi dan misi kepala daerah serta prinsip dan subtansi berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang perencanaan, pengendalian dan evaluasi daerah," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa perubahan RPJMD dapat dilakukan apabila terjadi perubahan yang mendasar seperti bencana alam, bencana politik, krisis ekonomi, konflik sosial budaya dan gangguan keamanan daerah atau perubahan kebijakan nasional. Sesuai dengan usulan rancangan awal perubahan RPJMD sudah disampaikan ke DPRD Kabupaten Bangka.

"Perubahan RPJMD tersebut sudah disepakati oleh DPRD dan pemerintah daerah dalam bentuk nota kesepakatan yang ditanda tangani oleh Bupati Bangka dan Pimpinan DPRD Kabupaten Bangka yang kemudian telah disampaikan dan konsultasi ke Gubernur Kepulauan Bangka Belitung," terangnya.

Syahbudin mengharapkan, dalam kegiatan Musrenbang tersebut menjadi suatu jembatan penghubung antara aspirasi masyarakat dengan pemerintah daerah.

"Kami menginginkan agenda Musrenbang ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar, teruslah semangat dalam bekerja dan berkarya di dalam suasana semangat Hari Pahlawan. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini dapat menjadi amal ibadah dalam bingkai persatuan dan kesatuan," tutupnya. (BBR)


Penulis : Ibnu Wasisto

Editor  : Kasmir