Wagub Abdul Fatah Ingatkan Pentingnya Penghijauan Daerah Aliran Sungai

Irwan
Wagub Abdul Fatah Ingatkan Pentingnya Penghijauan Daerah Aliran Sungai
Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah

RIAU SILIP, BABELREVIEW.CO.ID – Pantai Tuing Indahyang terletak di Desa Mapur, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka termasuk dalam Daerah Aliran Sungai (DAS) yang merupakan tempat menampung air hujan yang akan mengalir ke laut.

Untuk itu, perlu dilakukan penghijauan sebagai pemulihan agar air dapat tertampung.

"Manfaatnya dapat kita rasakan. Kalau daerah aliran sungainya menjadi normal dan baik maka, alam dan sekitarnya akan bertumbuh dan terdampak menjadi baik juga,” ujar Wagub Abdul Fatah saat menghadiri Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNP DAS), Sabtu (28/11/2020).

Upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air, serta reboisasi dan penghijauan tidak dapat ditunda.

Berbagai ancaman banjir, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global, hilangnya berapa jenis flora dan fauna, dan kebakaran bisa saja terjadi.

Karena itu, penghijauan dan pemulihan merupakan langkah penting untuk kehidupan.

Dalam kegiatan penghijauan tersebut, Dinas Kehutanan Babel salurkan bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) berupa bibit pohon mangga, rambutan, alpukat, jeruk pontianak, dan juga kelapa pandan wangi.

  • Halaman
  • 1
  • 2
  • 3