Wagub Abdul Fatah Serah Raperda Pembangunan Industri Babel 2018-2038 ke DPRD

kasmirudin
Wagub Abdul Fatah Serah Raperda Pembangunan Industri Babel 2018-2038 ke DPRD
Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, menyerahkan Raperda Rencana Pembangunan Industri Babel Tahun 2018-2038 kepada DPRD Babel, Senin (14/1/2019). (foto:Diko)

PANGKALPINANG, BABEL REVIEW -- Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Industri Babel Tahun 2018-2038 kepada DPRD Babel.

Penyampaian Raperda itu, dilakukan melalui Rapat Paripurna Pembentukan Pansus Tentang Hutan Tanaman Industri Babel dan Rapat Paripurna Penyampaian di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel, Senin (14/1/2019).

Dalam sambutannya, Wagub Abdul Fatah mengatakan, perindustrian merupakan salah satu faktor penyokong dan tolak ukur kemampuan bagi suatu Negara.

Pesatnya perkembangan industri suatu negara, kata dia, akan menjadi pemicu perkembangan ekonomi bagi negara tersebut.

“Indonesia sebagai negara yang bercirikan kepulauan memiliki 3 visi untuk menjadi negara industri yang tangguh. Visi pertama adalah negara industri yang bercirikan struktur industri yang kuat, sehat dan berkadilan. Visi kedua, adalah industri yang berdaya saing tinggi di tingkat global. Yang ketiga, adalah industri yang berbasis inovasi dan teknologi,” papar Wagub.

Untuk mewujudkan ke tiga visi tersebut, kata Wagub, disusunlah 7 misi pembangunan industri. Salah satunya adalah meningkatkan persebaran pembangunan industri ke seluruh Wilayah Indonesia guna memperkuat dan memperkokoh ketahanan nasional.

Lanjut Addul Fatah menjelaskan, berdasarkan ketentuan Pasal 12 ayat (3) UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah, industri merupakan salah satu kewenangan konkruen yaitu kewenangan presiden yang dibagi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten /Kota, dan diatur dalam ketentuan Pasal 10 UU No. 3 Tahun 2014 tentang perindustrian.

"Guna mendukung terwujudnya visi dan misi pembangunan industri Indonesia, maka Pemprov Babel perlu untuk menyusun rencana pembangunan industri di Babel dan menetapkannya menjadi peraturan daerah yang akan menjadi pedoman bagi pelaksanaan pembangunan industri di Babel,” ujar Wagub.

Wagub Abdul Fatah berharap, dengan disusun dan ditetapkannya Raperda tentang Pembangunan Industri Babel Tahun 2018-2038, akan memberikan kepastian hukum sekaligus menjadi pedoman bagi pelaksanaan Pembangunan Industri di Babel dan menjadi salah satu faktor penunjang dalam mencapai visi dan misi pembangunan Industri di Indonesia khususnya di Babel.

Dengan diserahkannya Raperda ini, Wagub berharap, bisa dibahas oleh DPRD, guna mendapatkan masukan dan saran dari seluruh anggota DPRD Babel. Sehingga Raperda tersebut akan menjadi lebih sempurna dan dapat diproses lebih lanjut, dan dapat membawa kemaslahatan bagi masyarakat Babel.

Rapat Paripurna tersebut, turut dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Babel, Pejabat dari unsur Forkopimda Babel, para pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, dan instansi terkait lainnya. (BBR)


Penulis  : Diko              
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review