Wakil Bupati Bangka Buka Pawai Panglong di Desa Karya Makmur

Kasmirudin
Wakil Bupati Bangka Buka Pawai Panglong di Desa Karya Makmur
Wakil Bupati Bangka Syahbudin membuka Festival Panglong di Desa Karya Makmur, Kecamatan Pemali, Bangka, Sabtu (10/4/2021). (Foto: Ibnu)

BANGKA, BABELREVIEW.CO.ID -- Wakil Bupati Bangka Syahbudin menghadiri sekaligus membuka Pawai Panglong di Desa Karya Makmur, Kecamatan Pemali, Bangka, Sabtu (10/4/2021).

Pawai Panglong merupakan agenda tahunan bagi masyarakat Desa Pemali yang dilakukan setiap menjelang atau untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Tahun ini pelaksanaan Pawai Panglong keliling kampung menggunakan sepeda motor, berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya yang mana masyarakat berkeliling dengan berjalan kaki. Hal itu dilakukan bertujuan untuk menyesuaikan keadaan, yang saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19.

Wakil Bupati Bangka, saat pidato menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik dengan dilaksanakannya Pawai Panglong tersebut. Pawai yang dilaksanakan setiap tahun ini diharapkan dapat dikemas menjadi lebih baik, sehingga dapat menjadi wisata budaya religi serta bisa menarik niat masyarakat untuk berkunjung.

“Mari kita kemas Pawai Panglong ini menjadi lebih menarik, sehingga dapat menjadi agenda pariwisata religi yang dapat dinikmati masyarakat umum secara luas dan bisa berdampak positif bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Selanjutnya, orang nomor dua di Kabupaten Bangka itu mengimbau agar masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan selama menjalani puasa di bulan suci Ramadhan.

Sementara itu, Kepala Desa Karya Makmur, Yusni Thamrin mengatakan, jika di bulan suci Ramadhan telah disiapkan beberapa macam kegiatan keagamaan. Kegiatan itu seperti tadarus Alqur'an dan kegiatan keagamaan lainnya.

“Meski saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, tapi tidak menghalangi dan mengurangi semangat kami dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Dengan dilaksanakannya Pawai Panglong ini menunjukkan, bahwa masih ada kekompakan antar masyarakat yang ada di Desa Karya Makmur," tutupnya. (BBR)


Penulis: Ibnu Wasisto

Editor  : Kasmir